oleh

PON XX: POSSI Gelar Tes Event Oktober

JAYAPURA (PAPUA TIMES)- Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Papua bulan Oktober tahun ini (2020) menggelar Kejuaraan Selam sebagai test event atau ajang ujicoba jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 mendatang.

Test event ini dalam rangka mematangkan kesiapan atlet Selam Papua dan sekaligus uji coba venue Selam. Demikian disampaikan Pelatih Kepala tim POSSI Papua, Absentinus Sembiring kepada wartawan disela-sela Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan pelatih PON XX Papua di Hotel Mercure, Kota Jayapura.

Sembiring mengatakan kejuaraan Selam akan digelar di Jayapura pada bulan Oktober 2020 mendatang. Pesertanya terdiri dari atlet PON Papua serta atlet dari masing-masing klub se-Indonesia.

“Event ini bisa menjadi ajang pembuktian bagi atlet Papua yang akan turun pada event empat tahunan tersebut.Jadi, atlet selam yang dipersiapkan ke PON sebanyak 17 orang, tetapi dari KONI hanya 9 orang yang masuk pemusatan latihan sentralisasi,’’ ujarnya.

Ia mengatakan, tes event ini juga melibatkan atlet junior dan senior yang selama ini dibina oleh POSSI Papua. Lanjutnya, di tengah situasi mewabahnya Virus Corona atau virus Covid-19, atlet selam baik yang di Jayapura maupun Jakarta tetap berlatih.

“Ya, sejak mewabahnya Virus Corona, atlet yang dipersiapkan untuk PON XX tetap berlatih, walaupun situasi corona ini cukup mengganggu persiapan kami, semoga saja virus ini segera berakhir dan keadaan ini dapat kembali normal,” urainya.

Sembiring menambahkan, cabor selam Papua juga sedang melirik kejuaraan selam yang akan diselenggarakan oleh POSSI Jawa Timur dalam waktu dekat. Jika benar kejuaraan tersebut digelar, maka kita akan koordinasi dengan KONI Papua untuk mengikuti kejuaraan tersebut.

‘’informasi POSSI Jawa Timur akan buat kejuaraan, nanti kita koordinasi dan jika diijinkan oleh KONI, tentu kita akan ikut, tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan atlet kita selama pemusatan latihan kurang lebih setahun ini,’’ paparnya.

Ditambahkannya, atlet selam Papua selama ini ada yang berlatih di Jayapura maupun di Jakarta. ‘’ada atlet kita yang berlatih di Jakarta, tentu mereka semua kita control,’’ tutupnya.

Editor: HANS B / LAMBERTH P

Komentar

News Feed