oleh

PON XX: Venue Baseball dan Softball Papua Siap Gelar Kejuaraan Dunia

SENTANI (PTIMES)- Menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua membangun berbagai venue tempat pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) bertaraf internasional.

Salah satunya adalah venue Cabor Baseball dan Softball yang sedang dibangun diatas tanah milik TNI Angkatan Udara (AURI) Sentani, Kabupaten Jayapura dan di lapangan Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

Venue tersebut dikerjakan PT Nindya Karya (Persero) dan kini mencapai progres 98 persen. Ditargetkan rampung 100 persen pada bulan Juli mendatang.

Site Engineer Manager PT Nindya Karya (Persero), Sophian Badollahi mengatakan venue Baseball dan Softball yang sedang dibangun di markas TNI AU Kabupaten Jayapura dilengkapi dengan dua tribun. Tribun Baseball memiliki kapasitas 2500 penonton dan tribun Softball 2000 penonton.

Sophian mengklaim lapangan Baseball dan Softball yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Papua itu lebih lengkap dan terbaik di Indonesia dibanding dengan lapangan Baseball dan Softball di kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Sehingga venue ini diyakini layak menggelar event Internasional sekalipun.

“Kalau secara desain struktur bangunan, dan kita bandingkan semua lapangan Softball Dan Baseball di Indonesia, ini adalah lapangan terbaik di Indonesia dibanding dengan GBK sangat beda jauh,”ungkap Sophian.

Sophian mengatakan nilai plus dari venue Softball dan Baseball Pemprov Papua itu dilengkapi fasilitas ruangan VIP termasuk akses bagi para disabilatas. “Semua sarana didalam lengkap, ruang stering komite, score, medis, ruang pemanasan. Dan yang paling penting di bangunan ini ada ruang VIP, di GBK saja tidak ada,” ujarnya.

Lapangan Baseball dan Softball yang disiapkan tersebut menggunakan rumput jenis zoysia japonica dan merupakan standar untuk pagelaran kejuaraan dunia.

“Rumput dan ukurang lapangannya sesuai standar internasional. Perbasasi Papua bisa melakukan pertandingan kejuaraan tingkat asia dan dunia disini,”jelas Sophian Badollahi.

Editor: ERWIN RIQUEN

Komentar

News Feed