oleh

PON XX: Istora Papua Bangkit Siap Pecahkan Rekor MURI

JAYAPURA (PTIMES) – Progres pengerjaan Istora Papua Bangkit, di Kampung Harapan Kabupaten Jayapura, kini telah mencapai 90,07 persen. Dan bangunan tersebut digadang-gadang akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Berdiri diatas lahan seluas 33.016 m² tersebut, bangunan senilai Rp250 miliar itu memiliki kapasitas 3.674 kursi tribun sementara untuk acara konser mampu menampung 8.000 penonton.

Staf Tehnik PT PP (Persero) Tbk, Faris Haqul Anwar yang mengerjakan proyek Istora Papua Bangkit menyampaikan, bila rampung, maka venue PON XX tersebut bakal memecahkan rekor MURI. pasalnya, gedungnya dibangun dengan bentang 80 meter lari berstruktur baja.

“Sudah kami konfirmasikan ke MURI, memang belum ada (gedung mana pun di Indonesia) yang daftarkan (bentangan 80 meter lari struktur baja). Bangunan Istora Papua ini pasti bisa memecahkan rekor MURI. Sebab belum ada bangunan semegah ini dengan bentangan struktur baja seperti itu,” kata Faris di Jayapura, Minggu (14/6/2020).

Tak sampai disitu, keunggulan lain Istora Papua Bangkit yang dipastikan rampung September 2020 tersebut, memiliki luas bangunan 7.740 m² atau jauh lebih besar dibanding Istora Gelora Bung Karno dengan hanya 3.600 m².

Sementara dengan luas arena FOP 60 x 60 m, Istora Papua dapat mempertandingkan Cabang Olahraga (Cabor) Senam, Badminton (Bulutangkis), Cabor Bela diri, Bola Voli dan Bola Basket.

“Bahkan untuk kegiatan publik lainnya yakni acara keagamaan maupu konser. Pasca PON, Istora ini bisa digunakan untuk bentuk kegiatan lainnya yang bisa mendatangkan income bagi pemda,” ucap dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Alexander Kapisa,ST berharap masyarakat Bumi Cenderawasih tetap optimis dengan pelaksanaan PON XX, meski saat ini terhambat dikarenakan pandemi Covid-19.

Ia pastikan seluruh proses persiapan PON, baik venue maupun hal terkait lainnya tetap berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan nanti pada September mendatang, sebagian besar venue sudah akan rampung.

“Salah satunya Istora Papua Bangkit ini rampung pada September mendatang. Juga untuk Arena Aquatic di sebelahnya. Sementara untuk Stadion Papua Bangkit sudah rampung”. Jadi, jangan ada kekhawatiran sebab PON tetap akan berjalan di Papua,” pungkasnya.

Editor: ERWIN RIQUEN

Komentar

News Feed