oleh

Update : Positif Covid-19 Papua Tambah 3, Total 48 Kasus

JAYAPURA (PTIMES) – Belum menunjukan tanda-tanda berhenti, sebaliknya kasus Positif virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Papua terus bertembah bahkan menunjukan potensi meroket.

Dimana hanya dalam waktu sehari, terjadi penambahan 3 kasus positif Corona per 9 April 2020 pukul 19.00 Wit. Total kasus pasien positif Corona di Papua kini menjadi 48 orang.

Hal itu dipastikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Silwanus Sumule, dalam keterangan pers lewat live streaming, di Jayapura.

“Hari ini jumlah pasien positif Corona komulatif bertambah 3, hingga total menjadi 48 kasus. Sementara 38 kasus dirawat, sembuh 5 dan 5 meninggal,” ujar ia

Sementara untuk 3 kasus baru yang ditemukan hari ini, lanjut Sumule, 2 di Kota Jayapura dan 1 di Kabupaten Merauke.

Sementara sebaran kasus Covid-19 di Papua, untuk Kota Jayapura terdapat 20 kasus positif, 15 dalam perawatan, 3 sembuh dan 2 pasien meninggal dunia.

Kemudian Kabupaten Mimika 13 kasus, dengan 10 pasien dirawat dan 3 meninggal. Kabupaten Jayapura ada 9 kasus dan seluruhnya masih dalam perawatan.

BACA JUGA  Apa Ada ? Puluhan Wartawan Nasional dan Lokal Datangi Kediaman Gubernur Enembe

Kabupaten Merauke ada 5 kasus positif, dengan 2 diantaranya telah sembuh dan 3 masih dirawat.

Sedangkan Kabupaten Sarmi terjadi penambahan 1 kasus dan pasien tersebut masih dirawat di Kota Jayapura.

Pada kesempatan itu, Sumule mengklarifikasi jumlah kasus pasien positif Corona di Kota Jayapura yang pada Rabu (8/4/2020) disampaikan sebanyak 21 kasus. Setelah divalidasi jumlahnya ternyata menjadi 18 kasus.

“Hal itu dikarenakan ada 3 pasien yang berasal dari kabupaten lain namun kini dirawat di Kota Jayapura”.

“Lebih jelasnya 1 pasien dari Sarmi dan ada 2 pasien yang berasal dari Kabupaten Jayapura. Dengan klarifikasi ini maka data telah ditemukan kasus perdana di Kabupaten Sarmi.

Diketahui untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Papua kini jumlahnya mencapai 3.087 orang sementara pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 63 orang.

Sehari sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua telah meningkatkan status siaga darurat menjadi tanggap darurat, setelah jumlah pasien positif Covid-19 di Bumi Cenderawasih terus menunjukkan peningkatan yang signifikan.

BACA JUGA  Demokrat Gantikan Lukas Enembe, Ini Pernyataan Resmi Ketua AHY

Dengan peningkatan status ini, Wagub Papua Klemen Tinal berharap masyarakat lebih peduli dengan kesehatan diri sendiri maupun keluarganya. Diantaranya dengan melakukan imbauan pemerintah, seperti tetap berada di rumah dan selalu menjaga jarak.

EDITOR : ERWIN

Komentar