oleh

PON XX: Baseball dan Softball Siap Laga

JAYAPURA (PTIMES)- Atlet dan pelatih Persatuan Baseball dan Softball Papua sepakat bertarung di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dengan mengendepankan sportivitas dan fair play. PON XX Papua bukan hanya iven olahraga semata namun merupakan momentum untuk menjalin persahabatan antar anak bangsa.

Ulysses Mejia, pelatih kepala tim Baseball dan Softball Papua mengatakan timnya solid dan sudah siap berlaga di PON XX. Saat ini timnya terus berlatih mengasah strategi dan teknik.

Pria asal Filipina itu mengakui kekuatan tim Baseball dan Softball Papua adalah kebersamaan yang dari waktu ke waktu terjalin dengan baik antara Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Papua, atlet dan pelatih. Dan yang paling utama adalah kekuatan dari Tuhan Yang Maha Esa yang menjadi landasan tim bertanding serta dukungan doa dari rakyat Papua.

Ulysses menegaskan bahwa dukungan KONI dan Pengprov Perbasasi untuk pembinaan olahraga tersebut sangat penting dalam menentukan prestasi atlet-atlet Papua di PON XX nanti maupun di iven nasional, asia bahkan internasional. Maka itu, dia meminta agar pengurus kedua organisasi itu secara berkesinambungan memantau dan memotivasi atlet di tempat latihan.


Hal senada juga disampaikan Silvia Songyanan, Pitcher Softball Papua. Dia mengaku prestasi yang ditorehkan dia dan teman-temannya dalam berbagai kejuaraan nasional maupun di PON merupakan anugerah dan karunia dari Tuhan.

Pelempar bola andalan Papua itu menyampaikan apresiasi kepada KONI Papua dan Pengprov Perbasasi yang memberikan perhatian kepada Cabor Baseball dan Softball. “Kami menyampaikan apresiasi atas Sekretaris Umum KONI yang sudah memotivasi kami. Kunjungan beliau ke tempat latihan dan melihat langsung kami berlatih menambah semangat untuk berlatih,”ujar Silvia.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) KONI Kenius Kogoya,SP.MSi saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di lapangan Baseball dan Softball Otonom Kotaraja mengajak seluruh atlet, pelatih dan offisial Perbasasi Papua untuk giat berlatih dan melakukan pencegahan dini terhadap wabah virus Corona atau Covid – 19.

“Latihan tetap dilakukan namun saya minta atlet, pelatih untuk menghindari kegiatan-kegiatan di keramaian. Kita perlu antisipasi dan mencegah sejak dini sehingga kita semua aman dan tidak sakit,”ujarnya

Secara khusus, Sekum meminta tim Baseball dan Softball Papua giat beribadah. Karena dengan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa, tim Papua bisa meraih prestasi terbaik. “Kekuatan kita hanya kepada Tuhan Jesus Kristus. Makanya saya minta atlet dan pelatih Baseball dan Softball rajin beribadah. Jangan pake fui-fui atau pakatan, nanti bawa sial untuk tim. Tidak boleh pake Ilmu hitam,”tegasnya Sekum KONI yang pada kesempatan tersebut menyerahkan dana sebesar Rp20 juta untuk persembahan syukur dan dana operasional tim Rp30 juta.

Mengakhiri arahannya, Sekum Kenius berharap prestasi yang ditorehkan tim Perbasasi di sejumlah kejuaraan nasional tahun 2019 dapat dipertahankan hingga meraih emas bagi kontingen Papua di PON XX. Softball Putri Papua pada tahun 2019 menunjukan prestasi gemilang dengan meraih medali emas Pra PON Softball 2019 dan medali emas Partha Cup Yogyakarta 2019.

Editor: LEPIANUS K/HANS B

Komentar

News Feed