oleh

1.427 Kendaraan Layani Tamu, Atlet dan Ofisial PON XX

JAYAPURA (PTIMES) – Kepala Dinas Perhubungan Papua Reky Ambrauw memastikan seluruh tamu, atlet maupun ofisial Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, akan dilayani sekitar 1.427 kendaraan roda empat dan bus.

Jumlah itu terbagi atas 800 unit kendaraan lokal untuk tamu serta 627 unit bus yang diperuntukan bagi atlet maupun ofisial.

“Sehingga nanti untuk 627 bus yang kini tinggal menunggu dikirim ke Papua itu, saya sampaikan hanya akan mengangkut atlet dan ofisial. Artinya, atlet dan ofisial pun tidak boleh dipindah ke angkutan lain. Karena (jika dipindahkan) itu nanti mengacaukan pengaturan yang sudah ada,” terang Reky di Jayapura, Rabu.

Sebanyak 800 jenis transportasi lokal yang disiapkan PB. PON Papua, diantaranya Toyota Camry, Toyota Fortuner, Toyota Alphard serta Mitsubishi Pajero Sport.

BACA JUGA  Pengurus KONI Kabupaten Jayapura Dilantik

Sementara 627 bus yang terbagi atas ukuran medium 24 tempat duduk dan tipe mikro berkapasitas 19 tempat duduk, bakal disebar ke seluruh klaster atau tempat penyelenggaraan PON. Yaitu, 400 unit untuk melayani atlet dan ofisial di Kota dan Kabupaten Jayapura, 130 unit di Kabupaten Timika serta 60 unit di Merauke.

“Tapi memang untuk Toyota Alphard di Jayapura dari pengamatan kami jumlahnya ternyata sangat terbatas. Namun PB PON terus berupaya mencari solusi lain sebagai upaya antisipasi,” katanya.

Reky yang juga Koordiinator Transportasi PB PON Papua menambahkan saat ini pihaknya tengah menyiapkan jalur alternatif yang diharapkan mampu mengurai kemacetan saat perhelatan iven empat tahunan itu.

BACA JUGA  Pemprov Hibahkan Venue PON ke Pemkab, Pemkot, Polda, Lanud, Uncen dan STT

Ia pun sedang mendorong pembuatan SOP jalur transportasi darat selama perhelatan PON untuk mencegah kemacetan.

EDITOR : ERWIN

Komentar