Sekda Papua Sebut Pernyataan Wabup Nduga Minta Suaka Tak Layak

JAYAPURA – Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen menyatakan segera memanggil Wakil Bupati Nduga, Wentius Namiangge guna mengklarifikasi pernyataannya yang berniat meminta suaka ke negara lain.

Kendati menghormati sikap tersebut, Sekda menyayangkan pernyataan Wabup Wentinus karena masih berstatus sebagai pejabat negara yang sah.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“Sebenarnya itu (pernyataan minta suaka) hak politik setiap orang. Tapi sebagai seorang pejabat negara sebetulnya tidak layak sampaikan seperti itu,” tegas Sekda saat dimintai keterangan oleh pers, Kamis (27/2/2020).

Sekda juga mengatakan hingga saat ini belum menerima surat pernyataan pegunduran diri Wabup Wentinus dari jabatannya. Oleh karena itu, yang bersangkutan sampai saat ini masih sah berstatus sebagai wakil bupati.

Dikutip dari koreri.com, Wakil Bupati Nduga, Wentius Namiangge “mengancam” bakal meminta suaka politik ke negara lain jika Pemerintah Pusat tidak menarik kembali pasukan non organik (Satgas).

“Saya tunggu 12 bulan kalau Pemerintah pusat tidak mau mendengar lagi untuk menarik anggota TNI Polri, saya akan melakukan suaka politik keluar. Jadi, tolong angota DPRD ini, karena saya sudah ketemu semua petinggi tapi tidak bisa,” ujar ia di Kenyam, Senin (24/2/2020).

Ia juga mengaku sudah bertemu sejumlah petinggi negara (Menkopolhukam) dan TNI / Polri guna membicarakan persoalan yang terjadi di Nduga.

Sayangnya, belum ada hasil positif dari pertemuan itu. Ia bahkan menilai belum ada keseriusan dari pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan di Kabupaten Nduga.

EDITOR : ERWIN

Komentar