oleh

Pemprov Optimis Penyerapan Anggaran Capai 90 Persen

JAYAPURA (PTIMES) – Pemerintah Provinsi Papua optimis penyerapan anggaran jelang akhir tahun 2019, mampu mencapai 90 persen.

Hal ini diyakini Sekda Papua Hery Dosinaen, jika semua urusan pekerjaan yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) terselesaikan.

“Untuk diketahui bahwa dana otonomi khusus tahap ketiga dari pemerintah pusat kan belum juga dikucurkan.”

“Nah kalau dana ini sudah turun pastinya serapan anggaran bisa capai 90 persen,” terang Sekda di Jayapura, Rabu (18/12/2019).

Ia akui, saat ini daya serap anggaran dari laporan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintahan Provinsi Papua, baru mencapai 66 persen hingga pertengahan Desember 2019.

Meski masih rendah, Sekda tetap mengapresiasi kinerja OPD di Provinsi Papua, yang telah bekerja keras memastikan seluruh penyerapan anggaran bisa terealisasi semaksimal mungkin.

“Ya memang kalau dipaksanakan penyerapan anggaran mencapai angka 100 persen di akhir tahun, kami akui itu tidak mungkin. Sebab dari tahun ke tahun memang seperti itu (sulit mencapai 100 persen penyarapan anggarannya)”.

“Tapi minimal ada progres yang signifikan dari tahun ke tahun untuk serapan anggarannya,” terang dia.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua Israil Ilolu menyatakan penyerapan anggaran di OPD yang dipimpinnya baru mencapai 40 persen. Meski begitu, dirinya meyakini akan ada peningkatan serapan anggaran yang signfikan dalam beberapa hari ke depan, setelah pihak ketiga merampungkan penagihan.

“Kontraktor di Papua ini kan punya kebiasaan menagih di akhir tahun meski pekerjaan sudah rampung jauh-jauh hari. Makanya nanti progres penyerapan yang maksimal bisa terlihat dalam satu atau dua hari jelang tutup buku,” pungkas ia.

EDITOR : ERWIN

Komentar

News Feed