Pemprov dan Kemenpora Alokasikan Dana Rp641 M untuk Peralatan PON dan Peparnas

JAYAPURA (PTIMES)- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengalokasikan dana sebesar Rp591 milliar untuk penyediaan peralatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Tanah Papua.

Rapat Bersama Kemenpora, Pemprov Papua , Kemenko PMK, Kemenkeu, KONI, KOI dan seluruh perwakilan induk Cabang Olahraga (Cabor)di Kantor Kemenpora, Kamis (22/8/2019) dipimpin langsung Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot Dewabrata.

Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua sebesar Rp450 milliar sedangkan Kemenpora mengalokasikan dana Rp191 milliar.
“Untuk tahun 2019 dalam APBD Perubahan akan dialokasikan sebesar Rp. 100 Milyar. Untuk tahun 2020 akan dialokasikan Rp. 300 Milyar sehingga secara keseluruhan kami mengalokasikan Rp. 450 Milyar,” kata Alexander Kapisa, Pelaksa Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua kepada pers usai menghadiri rapat yang diselenggarakan di Kemenpora, Kamis (22/8/2019)yang dipimpin langsung Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot Dewabrata dan dihadiri dari Kemenko PMK, Kemenkeu, KONI, KOI dan seluruh perwakilan induk Cabang Olahraga (Cabor).
Pada kesempatan tersebut, Kapisa menyampaikan apresiasi dan terima kepada Kemenpora yang telah mensupport Papua dalam pembiayaan peralatan PON dan Peparnas.” Kami sangat senang dengan alokasi anggaran dari Kemenpora, jadi kami harus segera duduk bersama dengan Kemenpora untuk menentukan mana peralatan yang akan dibiayai oleh APBN dan mana yang akan dibiayai oleh APBD kami.” lanjut Alex.
Alex juga menyampaikan terimakasih kepada Pengurus Besar Cabor yang telah memberikan masukan sehingga bisa menekan biaya peralatan untuk PON. “Apa yang disampaikan oleh beberapa PB berkaitan dengan venue yang sudah ada . seperti untuk atletik di Mimika Sport Centre yang hanya butuh beberapa peralatan tambahan, trus begitu juga untuk basket yang menyarankan untuk tetap memanfaatkan yang sudah ada di Mimika Sport Centre,” pungkas Alexander Kapisa
Sesmenpora Gatot Dewabrata disela-sela rapat Dewabrata menyampaikan bahwa dalam rangka penyediaan peralatan PON di Papua pemerintah melalui Kemenpora mengalokasikan anggaran untuk bantuan peralatan.
” Kami mengalokasikan untuk Tahun 2020 anggaran bantuan perlaatan PON sebesar Rp. 191 Milyar. Ini memang sangat kecil sehingga kami mengharapakan selain alokasi anggaran dari Pempro Papua, juga ada usaha dari setiap induk organisasi cabor untuk membantu penyediaan peralatan pertandingan untuk PON Papua” ujarGatot Dewabrata.
Menurutnya, Kemenpora sedang berupaya agar beberapa peralatan dari Asian Games dan Asian Para Games 2018 dapat dimanfaatkan untuk PON di Papua. “Peralatan eks asian games sudah diserahkan ke PB Cabor sehingga masih harus dikomunikasikan lagi dengan PB, karena nanti setelah PON selesai apakah akan diangkut kembali ke jakarta atau akan dipinjamkan ke Papua” kata Gatot.

Editor: HANS BISAY

Komentar