oleh

5 Anak Muda Papua Disiapkan Jadi Peneliti di Amerika

JAKARTA (PTIMES)- Lima pelajar asli Papua saat ini sedang dipersiapkan untuk menekuni pendidikan khusus ilmu kelautan dan perikanan di University of Rhode Island (URI) Amerika Serikat. Mereka diharapkan menjadi peneliti-peniliti handal di masa depan. Kelima putra –putri Papua itu adala Andreas Samuel Karma, Marike Agustin Tenawe, Golda Meir A Wihyawari, Helmawaty Epivinia Rumbiak dan Oddy O Vannar Krey.

Andreas Samuel Karma, Marike Agustin Tenawe dan kawan-kawan Saat Berada di Laboratorium Komputer URI.

Brook Williams Ross, Direktor Kemitraan Asia Universitas Rhode Island (URI) Amerika Serikat dalam keterangannya, Rabu (29/5/2019) kepada PAPUA TIMES mengatakan bahwa dari 7 orang pelajar asli Papua yang mendapat beasiswa dari pemerintah Providence Amerika Serikat untuk kuliah di URI, 5 orang diantaranya khusus mempelajari Ocean Engineering and Veterany Science atau teknik kelautan dan ilmu perikanan.
“5 orang itu masing-masing Andreas Samuel Karma, Marike Agustin Tenawe , Oddy O Vannar Krey dan Helmawaty Epivinia Rumbiak menekuni ilmu Ocean Engineering atau teknik kelautan. Dan Golda Meir A Wihyawari mengambil jurusan Animal dan Veterany Science atau ilmu perikanan,”ungkap Brook.
Sedangkan dua mahasiswa lainnya atas nama Juliet Pamela Waromi dan Carlos Omkie mengambil jurusan Political Science. “Hari ini 4 orang mulai aktivitas di universitas sedangkan 3 orang lainnya akan mulai program kuliah bulan September 2019 ini,”ungkap Brook.
Brook Williams Ross, saat mendampingi Gubernur Papua dan Rombongan Berkunjung Rektorat dan Kampus URI di Kota Providence Rhode Island Amerika

Brook optimis anak-anak muda Papua yang kuliah di URI, kedepan bakal menjadi orang yang berguna bagi Papua. Pasalnya, mereka berada dan kuliah di universitas yang tepat dengan dukungan fasilitas penilitian yang canggih dan terbaik. Fakultas dan Laboratorium Kelautan Perikanan URI merupakan yang terbaik kelima di dunia.
Gubernur Papua bersama Rombongan Berkesempatan Melihat Laboratorium Kelautan dan Perikanan URI.

Pada kesempatan ini, Brook William Ross juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP.MH dan Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen), Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT yang mendukung kerjasama pendidikan antara Papua dan Amerika.
7 Pelajar Papua bersama Gubernur dan rombongan Foto Bersama Dengan Brook dan Para Dosen membelakangi kapal penelitian milik URI.

Sementara itu, Marike Agustin Tenawe penerima beasiswa mengatakan saat ini dirinya bersama teman-temanya sudah berada di Provindence untuk mengikuti program pembinaan di Universitas Johson and Wales.
“Saya bersama teman-teman sudah ada di Providence dan mengikuti summer program di Johson and Wales University. Nanti awal September 2019 baru kami mulai kuliah di URI,”ungkap Marike yang berhasil lulus sebagai juara umum (Valedictorian) di West Nottingham Academy (WNA) Colora Maryland Amerika Serikat.
Andreas Samuel Karma, Marike Agustin Tenawe dan kawan-kawan diterima sebagai mahasiswa URI dan mendapatkan beasiswa sebesar USD 10 Ribu Dollar dari Pemerintah Providence dan URI.

Editor: HANS BISAY

Komentar