oleh

Tindaklanjuti MoU Papua-Amerika, Delegasi URI Bertemu Pejabat Pemprov

JAYAPURA (PTIMES)- Perwakilan Universitas Rhode Island (URI), Brook Williams Ross, Direktor Kemitraan Asia dan Dosen Perikanan dan Budi Daya Perairan Universitas Rhode Island, Prof. Michael Alan Rice,Phd, Senin (27/5/2019) bertemu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Setda Papua, Doren Wakerkwa,SH, Asisten II Bidang Perekonomian Dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, Dr.Ir.Noak Kapisa, M.Sc didampingi Kepala Biro Otonomi Khusus (Otsus) Setda Provinsi Papua Aryoko F Rumaropen, SP.Meng, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan,Drs. FX Motte,M.Si diruang kerja Asisten I Kantor Gubernur Papua, Dok II Jayapura.

Foto Bersama Delegasi Foto Bersama Delegasi URI dengan Asisten I dan Pejabat Pemprov Papua usai pertemuan.

Pertemuan antara delegasi URI dan Pemprov Papua itu merupakan tindaklanjut dari penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) kerjasama bidang pendidikan antara Pemerintah Papua dan Universitas Rhode Island Amerika yang ditandatangani Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH dan Rektor University of Rhode Island (URI), David M Dooley,Phd, Kamis (09/5/2019) di Rektorat, Green Hall, URI, Providence ibukota Rhode Island.
Perwakilan Uncen Berkesempatan Menjamu Delegasi URI. Selasa Pagi Ini digelar pertemuan antara pihak URI dan Rektor Uncen di Rektorat Uncen Waena Jayapura.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Setda Papua, Doren Wakerkwa,SH dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa selain memfasilitasi anak-anak asli Papua kuliah di URI, Pemprov Papua juga mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan latar belakang ilmu kelautan dan perikanan, untuk mengambil studi S2 dan S3 di universitas tersebut.
Menurut Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa, pengembangan SDM bumi cenderawasih wajib untuk segera digenjot, agar kekayaan laut yang ada dapat dimanfaatkan dan dipergunakan seluas-luasnya untuk kemajuan negeri ini.
“Makanya, saat ini ada dari pihak Universitas Cenderawasih yang nantinya akan membantu untuk menjajaki tindaklanjut penandatangan MoU antara gubernur dan Universitas Rhode of Island,” terang Doren usai pertemuan.
Ditempat yang sama , Dosen Perikanan dan Budi Daya Perairan Universitas Rhode Island, Prof. Michael Alan Rice, kepada pers mengaku kunjungan ini merupakan bagian atau tindaklanjut dari kerjasama antara pemerintah Papua dan URI, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.
Menurut Rice, melalui pertemuan ini pihaknya ingin mendorong kerja sama dengan Universitas Cenderawasih (Uncen) dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Papua dibidang pengelolaan bidang kelautan dan perikanan, “Dan juga bekerjasama dengan Uncen dalam riset-riset yang dilakukan dengan tujuan mempromosikan sumber daya atau kekayaan alam laut Papua,” pungkasnya.
Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP.MH saat penandatanganan MoU mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendukung kerjasama antara Universitas Negeri Cenderawasih (Uncen) Jayapura dan University of Rhode Island (URI) untuk membuka fakultas kelautan dan perikanan.
Kerjasama Uncen-URI itu dipandang tepat karena program studi kemaritiman dan kelautan di URI merupakan salah satu dari lima terbaik di dunia. Apalagi Papua membutuhkan sumber Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengelola potensi kelautan dan perikanan di bumi cenderawasih yang melimpah.
Dalam MoU antara Pemprov Papua dan URI disepakati beberapa poin penting diatantaranya pemberian beasiswa untuk pelajar asli Papua sebesar USD10.000 setiap tahun akademik. Beasiswa tersebut berlaku untuk semua jenjang pendidikan mulai dari jenjang Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktor(S3), Pelatihan akademik dalam program universitas, Pelatihan jangka pendek oleh anggota fakultas universitas, dan kerjasama penelitian antara Universitas.
Selasa pagi (28/5/2019) dijadwalkan delegasi URI melanjutkan pertemuan dengan Rektor Uncen di Gedung Rektorat Uncen, Waena Jayapura.

Editor: HANS BISAY

Komentar