oleh

2 Atlet Selam Latihan di Hongaria

JAYAPURA (PTIMES)- Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Papua memfasilitasi dua atlet selam Papua berlatih ke Hongaria. POSSI Papua juga menyiapkan atlet Papua untuk mengikuti kejuaraan selam dunia di Jepang dalam waktu dekat.

Hal itu dikatakan Ketua POSSI Papua, Gilbert Yakwart,S.STP saat memberikan keterangan pers di kantor KONI Papua, Selasa sore (7/5/2019). “Ada dua atlet selam Papua akan kita kirim latihan di Hongaria. Kedua atlet ini adalah atlet potensial kita dalam meraih emas di PON XX 2020 Papua,” ungkapnya.

Menurut Gilbert, POSSI menginginkan untuk mengirim atlet-atlet selam Papua ke luar negeri. Namun semuanya bergantung kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pemerintah Provinsi Papua untuk menyiapkan anggaran latihan bagi atlet-atlet Papua jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.
Gilbert menambahkan apabila Cabang Olahraga (Cabor) disupport dari sisi anggaran maka atlet-atlet perlu difasilitasi untuk berlatih dan mengikuti berbagai kejuaraan untuk meningkatkan tekhnik dan pengalaman bertanding mereka.
“Jam terbang atlet perlu di tambah, jika Selam Papua ingin lebih sukses lagi. Apalagi kita sebagai tuan rumah. Kita ingin tunjukan bahwa atlet-atlet selam Papua adalah yang terbaik,”katanya.

Mengenai pemanggilan atlet Selam Papua ke Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) jelang Sea Games Manila 2019, Gilbert menginformasikan bahwa atlet selam Papua atas nama Margaretha Herawati hingga kini masih menjalani latihan dan akan mengikuti kejuaraan di Jepang. “Margaretha belum ada panggilan untuk masuk persiapan Sea Games. Namun dia akan mengikuti kejuaraan Selama dunia di Jepang dalam waktu dekat.”
Dia juga menambahkan bahwa 29 atlet Selam Papua akan menjalani TC Terpusat di Jayapura. “Cabor Possi kita telah siap jalani TC terpusat,”bilang Gilbert.
“Kita sekarang ini hanya menunggu perintah dari KONI Papua kapan pelaksanaan TC terpusat. Ya, memang sudah dua kali rencana lounching terpusat batal dilaksanakan karena kesibukan ketua KONI Provinsi Papua. Namun kami baru mendapat informasi bahwa lounching akan dilaksanakan bulan Mei ini,” tambahnya.
Tim Selam Papua sukses berada di urutan ke empat Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Finswimming Nomor Kolam dan Laut Underwater Hockey Freediving di Kolam Renang Istora Senayan dan Pantai Mutiara Jakarta, 29-4 Mei 2019.
Hingga hari terakhir Kejurnas tersebut, 9 atlet-atlet Selam binaan Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Papua sukses menyabet 10 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu.
Juara umum pada event tersebut adalah kontingen Jawa Timur dengan capaian 55 medali emas, 51 perak, 38 Perunggu disusul Jawa Barat dengan 41 medali emas, 37 perak dan 39 medali perunggu. Peringkat ketiga ditempati Bali dengan 10 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu. Sementara Jawa Tengah posisi lima dengan 3 medali emas, 4 perak dan 10 perunggu.

BACA JUGA  Pengurus KONI Kabupaten Jayapura Dilantik

Editor:JAVARIS R SINAMBELA

Komentar