oleh

Resmi, 47 Cabor Dipertandingkan di PON Papua

JAKARTA (PTIMES)-Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB-PON) Papua mewarning Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) agar tidak membuka ruang lagi untuk bagi penambahan Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan pada PON XX. PON di Papua hanya akan mempertandingkan 47 Cabor.

Pengurus KONI Papua Saat Menghadiri Rapat Anggota KONI. KONI Papua Siap Sukses Prestasi PON 2020

Hal itu ditegaskan Ketua Harian PB PON Papua, DR.Yunus Wonda,SH,MH saat presentasi kesiapan PON Papua pada Rapat Anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat tahun 2019 yang berlangsung Rabu (24/4/2019) di The Sultan Residence Jakarta Pusat.
“Saya berharap bahwa dengan putusan 47 Cabor, maka jangan ada lagi usulan penambahan Cabor. Karena setiap usulan penambahan tentu punya konsekuensi,“tegasnya.
Wonda mengemukakan dengan mempertandingkan 47 Cabor maka kuota peserta yang akan mengikuti PON Papua mencapai 7.328 atlet. “PON Papua mempertandingkan 47 Cabang Olahraga (Cabor) dengan kuota peserta 7.328 orang. Jumlah ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan PON 2016 Jawa Barat yang menembus angka 9.000 orang,”ungkap Wonda.
Rapat Anggota KONI membahas program Kerja KONI, Sukses PON XX Papua dan Sea Games 2019 memutuskan beberapa agenda penting diantaranya adalah Penetapan 47 Cabor PON 2020 Papua.
Sebelumnya, Wakil Ketua Umum I KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno kepada pers mengatakan sesuai Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Papua diputuskan 45 Cabor yang dipertandingkan. Namun dalam pembahasan antara KONI Pusat, KONI Papua telah disepakati bersama penambahan dua cabang olahraga, yaitu Panjat Tebing dan Handball (Bola Tangan). “Dengan demikian Cabor yang dipertandingkan sudah final ada 47 cabor dan 768 nomor pertandingan di PON XX tahun 2020 di Papua,” katanya.
Cabor-cabor yang akan dipertandingkan di PON XX tahun 2020 Papua antara lain Cabor Aero Sport, Renang, Anggar, PABBSI (Angkat Besi, ANgkat Berat dan Binaraga), Balap Sepeda, Baseball/Softball, Billiar, Bermotor (IMI), Bola Basket, Bola Volly, Bulu Tangkis, Bola Tangan, Catur, Cricket, Dansa, Dayung, Gateball, Golf, Gulat, Hoki, HandBall (Bola Tangan) Judo, Karate, Kempo, Layar, Menembak, Muaythai, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Pentaque, Rugby, Selam, Senam, Sepakbola Futsal, Sepak Takraw, Sepatu Roda, Ski Air, Soft Tenis, Taekwondo, Tarung Drajat, Tenis, Tenis Meja, Tarung Drajat, Tinju, Woodball dan Wushu.
Sekertaris Umum (Sekum) KONI Papua, Kenius Kogoya,SP.M.Si kepada pers mengaku KONI Papua awalnya berpatokan pada hasil RAT yang menyepakati 45 Cabor. Namun dalam perkembangnya, KONI Pusat menambah 2 Cabor sehingga dalam rapat koordinasi diputuskan 47 Cabor.“Kita sebenarnya pertahankan 45 cabor, tetapi KONI Pusat berkoodinasi dengan Kementerian terkait, maka ada penambahan cabor Panjat Tebing dan Bola Tangan,”bilang Kenius.
Lebih lanjut Sekum KONI mengatakan dengan penambahan ini maka koordinasi antara KONI, Kementerian terkait dan Pemerintah Provinsi Papua perlu dilakukan segera untuk menyiapkan venue tempat pertandingan kedua Cabor tersebut.

BACA JUGA  Bupati Romanus Mbraka Terpilih Pimpin ISSI Papua

Editor: AZIS K MATDOAN

Komentar