oleh

Papua Bidik Pasar Pasifik

JAYAPURA (PTIMES)- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua tahun 2021 mendatang berencana membeli satu unit kapal cargo untuk mendukung ekspor impor komoditas asal Papua ke negara-negara di Pasifik.

Gubernur Beri Keterangan Kepada Wartawan Usai Pertemuan Dengan Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian

Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP,MH mengaku rencana ekspansi ekspor beras dan komoditas lainnya telah disampaikan kepada Presiden Ir Joko Widodo dan mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat. Pemprov Papua besert kementerian dan lembaga terkait, seperti Badan Karantina Pertanian, Bea Cukai Serta Imigrasi sudah membahasnya sejumlah untuk mempersiapkan rencana tersebut.
“Rencana ini sudah disampaikan ke Presiden Jokowi dan telah disetujui. Dengan harapan kapal ini bisa mengangkut semua hasil pertanian yang dibutuhkan negara pasifik,”ungkap Gubernur kepada pers usai Coffe Morning bersama Kementerian Pertanian di Gedung Negara Dok V Jayapura.
Gubernur mengatakan Papua sebagai pintu masuk kawasan ekonomi pasifik, kedepan menjadi produsen yang menyuplai bahan pangan ke negara-negara di pasifik seperti Papu New Guinea (PNG) dan lainnya.
Saat ini, komoditas pertanian yang sudah siap untuk diekspor ke pasifik antara lain beras, kopi, kakao, CPO dan tepung sagu.
Menurut Enembe, ekspor beras dari Kabupaten Merauke ke PNG telah berjalan namun belum maksimal dikarenakan akses transportasi antar negara belum ditingkatkan.
Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian RI, Ali Jamil menyatakan pihaknya siap mendukung Provinsi Papua untuk mewujudkan ekspor ke negara pasifik.
“Sebab harapan kami kedepan adalah menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045. Hanya, untuk mewjudkannya kita ingin menggali seluruh potensi yang ada di daerah-daerah termasuk Provinsi Papua,” kata Ali Jamil.

Editor: HANS BISAY

Komentar