oleh

2019,RAPBD Rp1 T Lebih Bupati Mamteng Fokus Bangun 3 Bidang

JAYAPURA- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) secara resmi menggelar sidang paripurna pembahasan Rancangan Anggaran Belanja Dan Pendapatan Daerah (RAPBD) tahun 2019 di Jayapura, akhir tahun 2018.
Sidang paripurna pembahasan RAPBD tahun 2019 itu, dipimpin Wakil Ketua I Yulius Tabuni didampingi Ketua II,Otho Pugumis. Hadir pula Bupati Ricky Ham Pagawak, SH,MSi, Plt. Sekda Mesir Yikwa dan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mamberamo Tengah. Untuk tahun ini RAPBD Kabupaten Mamteng yang dibahas para wakil rakyat itu mencapai Rp1.024.855.334.401.
Bupati Ricky Ham Pagawak, SH,MSi dalam pengantar nota keuangan mengakui jumlah RAPBD untuk tahun 2019 mencapai Rp1.024.855.334.401 relatif kurang, karena dana DAK mengalami penurunan dan DAU mengalami peningkatan, namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.
Menurut Bupati Ham, dengan penurunan dana DAK, jika dibanding tahun sebelumnya, tentu akan sangat berdampak pada pembangunan di Kabupaten Mamberamo Tengah. Walau begitu, kata Ham, tidak akan mempengaruhi semangat untuk membangun daerah, dengan anggaran itu akan diprioritaskan pada pembangunan di bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan sehingga hasilnya tetap dirasakan masyarakat.
Bupati Ham pun memberikan contoh, salah satu pembangunan infrastruktur yang tetap menjadi prioritas adalah peningkatan jalan dari Wamena ke Kobakma, ibu kota kabupaten Mamberamo Tengah. “Program ini tetap menjadi prioritas sehingga pelayanan pemerintah terhadap masyarakat tetap berjalan dengan baik. Disisi lain juga akan berdampak pada sektor ekonomi, baik masyarakat sendiri maupun daerah,” ujarnya.
“Untuk kegiatan-kegiatan yang diusulkan OPD-OPD juga akan dilihat dibahas lagi oleh tim Banggar DPRD dan tim anggaran sehingga kegiatan maupun program yang disahkan benar-benar bermanfaat untuk rakyat,” tambahnya.
Bupati Ham menegaskan, penyusunan RAPBD untuk dibahas DPRD berdasarkan aturan yakni Permendagri Nomor 38 tahun 2018.”Materi yang diajukan dalam sidang paripurna ini adalah kebijakan umum anggaran (KUA) 2019, prioritas platfon anggaran sementara (PPAS) 2019, dan Raperbub APBD 2019,” katanya.

BACA JUGA  LBH Papua Luncurkan LBH Pos Merauke

Editor: YESAYA MANSAWAN

Komentar