Sekda: Road Show untuk Sukses PON

JAKARTA- Road Show Pemerintah Provinsi yang dipimpin langsung Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP.MH ke sejumlah kementerian di Jakarta bertujuan untuk mensukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 di Bumi Cenderawasih.
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen,S.IP.MKP dalam keterangan persnya di Hotel Pullman Jakarta,Selasa (30/10/2018) mengatakan Road Show dalam rangka sukses PON tersebut dijadwalkan berlangsung ke sejumlah Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN),Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK),” ujar Sekda kepada pers di Pulman Jakarta.
“Pertemuan pertama sudah kita lakukan bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), selanjutnya besok akan di lakukan kunjungan sejumlah kementerian lainnya seperti Kementerian Kesehatan, Pemuda dan Olahraga, Bappenas, BUMN daln PMK,”ungkapnya.
Lebih lanjut, Sekda mengatakan kunjungan kerja ini dilakukan agar skema pembiayaan penyelenggaraan PON yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Papua dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tidak tumpang tindih. “Sebelum kami menyusun APBD 2019, kita sudah membuat skema pemetaan pembiayaan yang tentunya dari APBN sehingga tidak terjadi tumpang tindih nanti. Semua ini bermuara kepada suksesnya penyelenggaraan PON 2020,” kata Sekda.
Menurutnya langkah-langkah yang diambil Gubernur Papua untuk mendukung pembangunan venue PON dan suksesi penyelenggaraan PON sudah mendapat dukungan dari pemerintah pusat. “Semua langkah-langkah yang diambil bapak gubernur sudah ada titik terang yang luar biasa. Sehingga kita harapkan di tahun 2019 semua venue sudah selesai di bangun.”
Sementara itu terkait pertemuan perdana Pemprov Papua dengan Kementerian PUPR, Sekda mengatakan bahwa Menteri PUPR menyatakan kesiapannya membantu Pemprov Papua membangun venue PON dan juga sarana penunjang lainnya sesuai dengan bidang tugas dan fungsi Kementerian PUPR. “PUPR sangat siap apa yang menjadi rutin pekerjaannya seperti masalah pengairan, jalan, perumahan, itu sudah tugas rutinitas yang terakomodir di Kementerian PUPR,” jelasnya.
Road Show Pemprov Papua diikuti Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP,MH, Sekertaris Daerah TEA Herry Dosinaen,S.IP,MKP Asisten I Setda, Doren Wakerkwa,SH Asisten II Drs. Noack Kapisa, Kepala Bapedda DR. M Musaad. Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda,Drs. Daud Ngabalin, Sekertaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya,SP.M.Si, Kepala Penghubung Papua, Alexander Kapisa, ST.

BACA JUGA  Provinsi Papua Pegunungan, DOB Pertama yang Berhasil Susun APBD

Editor:HANS BISAY

Komentar