oleh

ENEMBE:PON PAPUA JADI AGENDA UTAMA

JAYAPURA- Gubernur Papua terpilih, Lukas Enembe,S.IP.MH mengungkapkan bahwa pada kepemimpinannya diperiode kedua ini terdapat tiga agenda utama yang akan mendapatkan perhatian khusus. Ketiga agenda itu antara lain pertama menyukseskan penyelenggaraan dan prestasi pada Pekan Olahraga Nasional (PON), kedua percepatan pembangunan infrastruktur diantaranya melanjutkan pembangunan jalan ring road, pembangunan jalan dan jembatan diseluruh kabupaten/kota.
Dan agenda ketiga adalah melanjutkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) asli Papua melalui pengiriman mahasiswa mahasiswa untuk melanjutkan studi diberbagai kota studi di dalam negeri dan diluar negeri. “Kita juga akan melanjutkan pemberian beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa. Karena pembangunan SDM sangat penting untuk masa depan Papua,”ungkap Enembe usai kepada pers di Jayapura.
Enembe juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Papua untuk berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Tanah Papua. “Saya minta masyarakat Papua untuk memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan PON,”ujar Enembe yang juga Ketua Umum KONI Papua.
Ditempat terpisah, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Kenius Kogoya,SP.M.Si menegaskan bahwa pemusatan latihan atau Training Center (TC) jelang PON XX akan
dimulai pertengahan bulan Agustus. TC berjalan ini diprioritaskan bagi cabor-cabor yang sudah mengikuti tes fisik dan kesehatan gelombang pertama.
Pekan ini, lanjut Kenius, KONI kembali memfasilitasi tes kesehatan bagi atlit-atlit dari 17 Cabang Olahraga (Cabor) dan tes fisik gelombang kedua. Tes fisik dilakukan di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Cenderawasih sedangkan tes kesehatan digelar mulai hari ini,Selasa (14/8/2018) bertempat di Balai Labortorium Kesehatan Papua.
Sementara itu, Anggota Pembinaan Prestasi KONI Papua, Benny Maniani,S.Sos disela-sela tes mengatakan tes kesehatan gelombang dua diperuntukan bagi 17 Cabor dengan melibatkan kurang lebih 100 atlet.
“Tes kesehatan gelombang kedua ini diikuti kurang lebih 100 atlet. Untuk hari pertama, dijadwalkan 75 atlet yang dites. Kita harapkan para pengurus Cabor dapat proaktif untuk memfasilitasi atletnya mengikuti tes,”kata Maniani. Hingga Selasa siang terdapat 65 atlit dari Cabor Karate, Gulat, Tinju, Muaythai, Dayung dan Wushu mengikuti tes pemeriksaan gelombang kedua.
Untuk diketahui PON XX di Papua mempertandingkan 48 Cabor yang akan digelar di lima kluster di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Merauke.

BACA JUGA  Pengurus KONI Kabupaten Jayapura Dilantik

Editor: HANS BISAY

Komentar