Asosiasi Wartawan Papua Gandeng Freeport dan Jubi Gelar Pelatihan Pengelolaan Media Online

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Asosiasi Wartawan Papua (AWP) bekerjasama dengan PT Freeport Indonesia dan PT Media Jubi menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Media Online bagi para pimpinan media di seluruh Tanah Papua.

Pelatihan tersebut dijadwalkan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 25-27 Maret 2024, di Suni Hotel, Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Ketua AWP, Elisa Sekenyap dalam sambutannya mengemukakan sejak awal berdirinya, AWP telah bertransformasi dari sebuah komunitas ke dalam sebuah asosiasi yang melakukan diskusi, pelatihan pengelolaan media, penggunaan media online, serta meningkatkan kualitas dan kapasitas jurnalis asli Papua.

Selain itu, Elisa menekankan pentingnya peran AWP dalam mengawal Otonomi Khusus (Otsus) di Papua. “Kami harus memastikan implementasi Otsus di Papua, terutama dalam hal pemberdayaan, pendidikan, kesehatan, dan aspek sosial lainnya,”tambahnya.

Lebih lanjut, Elisa menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan upaya untuk mengembangkan kapasitas pengelolaan media dan sumber daya manusia wartawan Papua. “Hal ini sesuai dengan visi AWP untuk menjadi wadah pemersatu, pengkaderan, dan pendidikan dalam bidang jurnalistik,” jelasnya.

Elisa menegaskan bahwa lembaga media yang baik dan wartawan yang berkualitas akan menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas pula, yang menjadi pilar dalam pengawalan pembangunan di Tanah Papua.

Dia menambahkan bahwa media online sangat penting, karena dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Papua. “Media bukan hanya menyajikan berita, tetapi juga harus mematuhi etika jurnalistik,” ujarnya.

Elisa juga menekankan pentingnya pelatihan selama tiga hari ini. “Saya yakin para pemateri adalah ahli di bidangnya. Saya berharap para peserta dapat memanfaatkan peluang ini dengan baik, dan menerapkan apa yang mereka pelajari dalam pekerjaan mereka,” tambahnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Elsye Rumbekwan mengapresiasi kegiatan pelatihan yang digagas AWP.

Elsye menekankan pentingnya pelatihan dan rapat kerja sebagai bagian dari tugas wartawan, dan berharap AWP dapat terus menggalang persatuan di tengah masyarakat Papua. “Pemerintah Provinsi Papua akan terus mendukung perkembangan media dan insan pers di Papua, termasuk kegiatan seperti ini,” tambahnya.

Editor | SONNY RUMAINUM