Lima PAUD di Papua Selatan Jadi Pilot Project

MERAUKE | PAPUA TIMES- Lima Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi Papua Selatan menjadi pilot project oleh Kelompok Kerja (Pokja) PAUD Papua Selatan.

Ketua Pokja Bunda PAUD Papua Selatan, Aloysius Jopeng mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Bunda PAUD untuk mengintervensi 5 PAUD di daerah itu dengan pendanaan berupa hibah dari pemerintah Provinsi Papua Selatan yang diperuntukan 2 PAUD di Merauke dan tiga lainnya untuk Kabupaten Mappi, Asmat dan Boven Digoel masing-masing satu.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“Rata-rata PAUD yang di dalamnya banyak anak asli Papua, karena pendanaanya bersumber dari Dana Otsus Papua tahun 2023,’’ kata Jopeng.


Ketua Pokja Bunda PAUD Papua Selatan, Aloysius Jopeng

Disampaikan, untuk 5 PAUD ini akan dilakukan secara komplit, tidak hanya menyangkut program kurilkulumnya, pelatihan guru, tapi juga guru kontraknya dan saran prasarannya dilengkapi termasuk murid-muridnya diberi makanan tambahan sekaligus penanganan stunting. Untuk itu, di dalam Pokja ini menghimpun dari berbagai latar belakang ilmu yang berbeda. Tidak hanya dari pendidikan, tapi dari kesehatan, hukum, perlindungan perempuan dan anak serta disiplin ilmu lainnya.

‘’Jadi ada banyak program dan selanjutnya kita akan turun ke Boven Digoel dan Mappi. Besok ini Bunda PAUD akan turun ke Asmat dengan Pak Pj Gubernur dan akan menyerahkan alat permainan edukasi pendidkan. Juga akan ada pelatihan bagi ibu-ibu bagaimana mengola makanan yang bergizi berbasis makanan lokal,’’ pungkasnya.


Pokja PAUD Papua Ikuti Pelatihan
Pengurus Bidang Publikasi dan Dokumentasi Pokja PAUD Provinsi Papua Selatan mengikuti pelatihan peliputan berita terhadap seluruh kegiatan Pokja PAUD, Senin (18/12/2023) di RRI Merauke.

Tujuannya agar pengurus Bidang Publikasi dan Dokumentasi Pokja PAUD Papua Selatan mampu mempublikasikan seluruh kegiatan yang dilakukan di Pokja PAUD agar dapat diketahui masyarakat di empat kabupaten khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“Salah satunya, bagaimana mereka mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya kehadiran PAUD untuk generasi penerus Papua Selatan,” ujar Eligius Mahuze selaku Koordinator Pelatihan mewakili Ketua Pokja PAUD Papua Selatan Aloysius Jopeng.

“Materi yang diberikan, yaitu bagaimana pengambilan foto, video dan perekaman suara dengan memperhatikan kualitasnya,” tandas Eli.

Pewarta | RUDIS

Komentar