Gubernur Safanpo Kunker ke Asmat

ASMAT | PAPUA TIMES- Tiba di Kota Agats Kabupaten Asmat, rombongan Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, Bapak Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC dan sejumlah pejabat disambut Bupati Asmat Elisa Kambu dan masyarakat setempat.

Rombongan lalu mengantarkan Uskup Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC ke Sekretariat Keuskupan Agats dilanjut makan siang. Lanjut Pj Gubernur bersama istri Ny. Ade Irma Suryani serta rombongan mengunjungi SD Inpres Syuru untuk berbagi kasi berupa
bingkisan Natal kepada anak-anak. Kemudian menuju Jew Suwruw (Rumah Adat untuk kampung Kaye, Suwruw, Asswetsj) mengikuti ibadah bersama.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Bupati Asmat usai ibadah kesempatan itu mewakili masyarakat dan pemerintah setempat mengucapkan terimakasih kepada Pj Gubernur yang sudah berkenan melakukan kunjungan ke Asmat.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Asmat kami sampaikan terimakasih kepada Bapak Pj Gubernur dan rombongan atas kepedulian berbagai kasih bersama kami di Asmat. Semua karena kebaikan Tuhan yang menggerakkan bapak sehingga di tengah kesibukan tetap meluangkan waktu mengunjungi kami,” kata Elisa, Selasa (19/12/2023).

“Mudah-mudahan dengan kehadiran Pak Pj bisa memberikan enerji serta semangat baru bagi kita untuk bangkit, berjuang, berusaha memajukan daerah kita. Mari kita bersatu jaga keamanan dan bersama-sama menciptakan Asmat yang aman, kondusif maka semua pembangunan di sini akan berlangsung baik,” katanya lagi.

Kepada masyarakat Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo menyampaikan tugas sebagai Penjabat Gubernur telah melakukan tiga tugasnya dari empat tugas setelah berdirinya Daerah Otonomi Baru (DOB) PPS. Pertama, membentuk kelembagaan OPD dan mengisi perangkat ASN. Persiapkan infrastruktur perkantoran untuk Kantor Gubernur, DPR dan MRP Papua Selatan. Master plan sudah dilakukan, diharapkan 2024 kita sudah bangun fisik gedung. Selanjutnya, tugas terakhir membentuk pemerintahan provinsi defenitif,” ucap Apolo.

Kesempatan yang sama Pj Gubernur ajak semua pihak ikut menyukseskan program presiden yaitu penanganan stunting secara nasional 14 persen. Sehingga dalam kunjungan itu, Apolo Safanpo menyerahkan bingkisan natal selain kepada anak-anak juga kepada orang dewasa.


Selanjutnya, dalam sesi tanya jawab salah satu tokoh adat, Felix mewakili 224 kampung, minta perhatian sarana prasarana infrastruktur di Asmat. Ia mengusulkan pembuatan infrastruktur jalan dan jembatan dari Merauke-Asmat. Felix menyarankan tes CPNS di daerah dilakukan secara offline sebab secara online cukup menyulitkan masyarakat.

Menanggapi permintaan tersebut, Pj Gubernur Papua Selatan menyatakan bahwa pemerintah pusat membentuk formasi penerimaan CPNS berdasarkan kebutuhan di daerah dengan membukanya secara online. Sehingga, semua orang dituntut harus penyesuaian dengan perkembangan jaman agar tidak ketinggalan. Karena itu, orang tua diminta menyekolahkan anak dan dipersiapkan dengan baik sehingga mampu menjadi pribadi yang berkualitas.

Permintaan infrastruktur jalan Merauke-Asmat, menurut Apolo itu bukan pekerjaan yang mudah sebab di Kabupaten Asmat terdapat ratusan sungai tentu membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Untuk diketahui, kunjungan Pj Gubernur akan berlanjut Rabu (20/12) ke Distrik Atsj Kampung Atsj dan Yasiuw dalam rangka sosialisasi pencegahan stunting dan persiapan pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2024. Dilanjutkan mengikuti misa syukur ulang tahun Uskup Agats disertai penyerahan bantuan serah terima motor tempel bagi Keuskupan Agats dan serah terima perabot rumah tangga bagi rumah dinas RSUD Agats.

Pewarta | RUDIS

Komentar