Pesawat Asian One Keluar Runway di Nduga

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Pesawat ASIAN ONE PK-LTF dilaporkan keluar runway saat akan melakukan take-off dari Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada pukul 11.30 WIT, Senin (09/10/2023).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom menyampaikan kronologi insiden dimulai ketika Pesawat ASIAN ONE PK-LTF mendarat dan masuk ke runway 04.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Setelah itu, pesawat diarahkan ke kiri untuk melakukan putar balik. Namun, disebutkan bahwa pesawat mengalami kendala pada sistem rem sehingga tidak dapat melakukan manuver dengan baik dan akhirnya keluar di ujung runway.
“Pesawat ini dikomandoi oleh Pilot Mahesa Casandhika Riyadi dan Co-Pilot Gerry Hoakay, dengan membawa 6 orang penumpang,” ujar Kombes Benny dalam keterangannya.

Kejadian ini, beruntungnya, tidak menyebabkan korban jiwa. Tim penyelamat telah berhasil mengevakuasi Pesawat ASIAN ONE PK-LTF dari ujung runway untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui penyebab pasti dari insiden tersebut.

Kombes Benny menegaskan, “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dan kami sedang melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap pesawat untuk memastikan faktor penyebabnya. Keamanan dan keselamatan penumpang serta awak pesawat merupakan prioritas utama kami.”

Polda Papua akan terus bekerja sama dengan pihak berwenang dan otoritas penerbangan untuk menyelidiki lebih lanjut insiden ini dan memastikan langkah-langkah preventif diambil untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang.

Editor | SONNY RUMAINUM

Komentar