Bupati Manokwari Apresiasi BPKP Papua Barat, Evran Fokus Pada 5 Sektor

MANOKWARI | PAPUA TIMES- Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua Barat sedang melakukan Evaluasi Perencanaan Dan Penganggaran (Evran) pada seluruh pemerintah daerah termasuk Pemerintah Kabupaten Manokwari.

Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Lepot Setyanto menjelaskan bahwa BPKP sedang Evran difokuskan pada lima sektor yaitu pengentasan kemiskinan, percepatan penurunan stunting, peningkatan ketahanan pangan, pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing pariwisata.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“BPKP juga tengah melakukan evaluasi atas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi dan Penilaian Kapabilitas APIP di Pemerintah Kabupaten Manokwari. Untuk itu kami mohon dukungan dan kerja sama Pak Bupati beserta jajaran untuk kelancaran pelaksanaan Evran, Workshop Dana Desa, Evaluasi SPIP Terintegrasi dan Evaluasi Kapabilitas APIP di Pemerintah Kabupaten Manokwari,”ungkap Lepot disela-sela pertemuan dengan Bupati Manokwari, Hermus Indou, Selasa (10/10/2023).

Bupati Manokwari, Hermus Indou, didampingi oleh Sekretaris Inspektorat Kabupaten Manokwari, Jontianus Silalahi, mengapresiasi peran dan fungsi yang telah dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua Barat dalam rangka meningkatkan tata kelola pemerintahan di Kabupaten Manokwari melalui kegiatan consulting dan assurance.

“Kami juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, karena kehadirannya sangat berdampak terhadap proses pembinaan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Manokwari” ujar Hermus.

Hermus berharap BPKP mampu membantu pihaknya dalam meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan terutama para aparatur pengelola keuangan daerah dan Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) daerah dengan strategi melalui transfer knowledge seperti Bimbingan Teknis (Bimtek), workshop, sosialisasi, pendampingan maupun asistensi.

Selain untuk memperkenalkan diri sehubungan tugas barunya sebagai Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Lepot Setyanto menyampaikan rencana Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat menyelenggarakan Workshop Dana Desa di Kabupaten Manokwari.

Lepot juga mengundang Bupati Hermus Indou untuk dapat membuka acara Workshop Dana Desa tersebut yang akan dihadiri oleh narasumber dari anggota DPD RI Dapil Provinsi Papua Barat, BPKP Pusat, Kemendagri/Kemendes PDTT dan Perwakilan dari Kementerian Keuangan RI.

Lepot menegaskan BPKP siap membantu Pemerintah Kabupaten Manokwari dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan menjadi lebih baik dan bersih,sepanjang ada kemauan yang kuat dan komitmen dari pimpinan daerah beserta seluruh jajarannya untuk berubah menjadi lebih baik dalam tata kelola pemerintahan, akuntabilitas keuangan dan pembangunan.

Hadir pada acara tersebut, Korwas Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Papua BaratFajar Nurfirmansyah, Korwas Bidang AN Eko Agus Suryono, Auditor Ahli Madya Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Suharto dan Subkordinator Pengelolaan BMN RT dan Kearsipan, Rahman.

Editor | DOMINGGUS K