Konfernas FKUB ke-VIII Digelar di Papua

JAYAPUA | PAPUA TIMES- Papua ditunjuk jadi tuan rumah Konferensi Nasional (Konfernas) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ke-VIII yang dijadwalkan berlangsung 16-19 Oktober 2023 mendatang.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Papua, Pendeta Lipiyus Biniluk mengatakan Konfernas ke VIII ini akan diikuti 250 tokoh lintas agama dari seluruh wilayah Indonesia dan dihadiri Presiden Joko Widodo, Menteri PMK, Mendagri, Panglima TNI dan Kapolri.

“80% Tokoh Lintas Agama belum pernah datang ke Papua dan hanya mendengar isu terkait Papua seperti contohnya pada pelaksanaan PON di Papua. Ekspetasi mereka tentang Papua itu berbahaya dan mencekam tetapi ketika datang realita yang dialami berbeda, Papua itu indah dan aman,” ucap Pendeta Lipiyus Biniluk disela-sela rapat kesiapan Konfernas, Senin (18/9/2023) di Hinekombe, Sentani Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, S.H yang hadir pada rapat tersebut mengatakan polisi siap mendukung penyelenggaraan kegiatan Konfernas FKUB VIII.

Wakapolda meminta agar rundown kegiatan serta tempat pelaksanaan dikoordinasikan dengan kepolisian agar personil keamanan diploting untuk menjaga dan mengawal setiap peserta Kofernas.

Brigjen Pol Ramdani menambahkan saat ini situasi di Papua khususnya di Jayapura masih terjadi pemalangan di beberapa lokasi. Namun demikian, Wakapolda menjamin penyelenggaraan Konfernas akan mendapat perhatian khusus dan dikawal personil kepolisian.

“Untuk situasi Papua sampai saat ini masih terus terjadi pemalangan-pemalangan tetapi terkait penyelenggaraan (Konfernas) akan dikawal terus agar para tamu aman,” pungkasnya.

Editor | SONNY RUMAINUM