Ibu Negara Beli Tas Kulit di Stand Papua Tengah

JAKARTA | PAPUA TIMES- Ibu negara Hj. Iriana Jokowi mengungjungi stand Dekranasda Papua Tengah dalam acara Pameran Krinayusa yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) selama lima hari sejak Rabu 13-17 September 2023 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center.

Kedatangan Ibu negara Iriana Jokowi didampingi Ketua Umum Dekranas, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, istri Wapres Yusuf Kalla, Ibu Hj Mufida Yusuf Kalla, istri Mendagri Ibu Hj. Tri Tito Karnavian dan istri Mentri BUMN Ibu Liza Erick Tohir.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Ketua TP-PKK Provinsi Papua Tengah, Yosina Anwar Damanik menyambut mengatakan ketika mengunjungi stand, ibu negara melihat hasil karya para pengerajin di Papua Tengah. Sejumlah hasil karya yang disuguhkan antara lain Noken, Tifa, Tas kulit kayu, pernak pernik kalung dan gelang autentik beserta diferensiasinya, serta patung ukiran kayu dan Kopi Arabica Paniai.

Pada kesempatan tersebut, ibu negara membeli tas kulit bermotif Burung Cendrawasih. Dalam 2 hari, stand Papua Tengah dikunjungi 450 orang, dengan transaksi penjualan karya seni pengrajin mencapai Rp 24.100.000.

“Menjadi suatu kehormatan bagi kami masyarakat Papua Tengah, Ibu negara melihat langsung stand para pengerajin, bahkan membeli tas kulit bermotif Burung Cendrawasih hasil karya pengerajin dari Papua Tengah, semoga hasil karya para pengerajin dari Papua Tengah bisa dikenal secara umum oleh masyarakat Indonesia,”ujar Yosina, Jumat (15/9/2023).

Pameran Kriyanusa adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dekranas untuk mempromosikan produk kriya dari seluruh daerah di Indonesia. Tentunya melalui pameran ini, membantu para pengerajin di daerah untuk memperkenalkan produk-produk lokal, khususnya di Papua Tengah.

“Momentum ini menjadi penting bagi para pengerajin khususnya di Papua Tengah, dimana para pengerajin ini diberikan kesempatan untuk menampilkan hasil karyanya. Dalam kesempatan pameran ini ada 47 karya seni yang di perkenalkan serta dijual belikan, dengan harapan orang semakin mengenal Papua Tengah melalui karya seni yang dihasilkan oleh para pengerajin,”ungkap Yosina Damanik, Jumat (15/9/2023).

Peserta pameran berjumlah 307 stand, yang terdiri dari 205 stand dari Dekranasda provinsi, 15 stand dari Kemerintrian, 7 stand dari lembaga organisasi, 4 stand BUMN, 50 stand dari peserta mandiri dan 2 stand kuliner.

Editor | TIM