El Nino, Bulog Merauke Akan Pasok 4000 Ton Beras

MERAUKE | PAPUA TIMES- Perum Bulog Merauke menyiapkan 2900 Ton Beras untuk memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI, Polri di daerah itu.

“Kami di Bulog Merauke sudah menyiapkannya stok dan cadangan beras pemerintah sebanyak 2.900 ton. Ini kita siapkan untuk program SPHP dan melayani jatah pegawai ASN dan TNI, Polri,” terang Kepala Bulog Merauke Firman Mando saat operasi pasar, Senin, 28 Agustus 2023.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Kebutuhan rutin beras ASN dan TNI, Polri di Papua Selatan capai sekitar 600 ton per bulan, ditambah program SPHP 100 ton per bulan. Sedangkan program bantuan pangan, Bulog menyiapkan 2,300 ton beras dan hingga kini masih bisa tercukupi.

Firman mengatakan Bulog sedang melaksanan Gerakan Sigap Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di seluruh tanah air termasuk Papua Selatan, dengan memantau secara periodik melalui operasi pasar mengingat harga komoditi yang satu ini mulai bergerak naik. .

SPHP di Papua Selatan difokuskan di Pasar Wamanggu dan sejumlah pasar setempat. Program SPHP bertujuan meredam harga beras medium di tingkat konsumen yang sedang mengalami lonjakan. Harapannya supaya masyarakat bisa mendapat berasa medium dengan harga yang terjangkau dan berkualitas baik.

“Beras kita saat ini sangat baik dari sisi kualitas. Kalau dilihat berasnya medium tapi kualitasnya kualitas premium,”kata Firman menambahkan Bulog Merauke bekerjasama dengan 12 mitra di Pasar Wamanggu menjaga stok beras dan harga beras yang dipatok maksimal Rp 10.250/Kg dalam kemasan 5 Kg.

Terkait perubahan cuaca yang saat ini sedang melanda beberapa daerah di wilayah Papua Selatan, Firman mengatakan Perum Bulog telah mengantisipasinya dan dalam waktu dekat akan memasok 4000 ton beras guna menjaga ketahanan pangan di papua Selatan.

“Meski belum parah, namun langkah antisipasi sudah harus dilakukan dengan menyediakan persediaan stok untuk pemenuhan pangan sampai Bulan Desember 2023 bahkan sampai awal tahun 2024,”ujarnya.

Ia menambahkan secara umum stok Bulog masih bisa bertahan hingga 2024.” Beras lokal Merauke akan diserap saat panen. Beras lokal pastinya akan diserap Bulog sebanyak-banyaknya,”tandasnya.

Editor | RUDIS