Pemkab Merauke Gelar Pameran dan Hiburan Meriahkan HUT RI

MERAUKE | PAPUA TIMES- Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua Selatan, menggelar pameran dan hiburan dalam rangka memeriahkan HUT Proklasi RI ke 78.

Pameran dan hiburan berlangsung selama tiga malam, mulai tanggal 15-17 Agustus 2023. Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Selasa petang, 15 Agustus 2023, resmi membuka kegiatan tersebut dengan tema ‘Bangkit Berjuang Menuju Merauke Maju.’

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Tujuan malam pameran bagi UMKM ini agar produk olahan lokal terus dikembangkan dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Merauke,”kata Bupati Romanus Mbaraka di lapangan Monumen Kapsul Waktu Merauke.

Ia menyampaikan banyak giat melibatkan stakeholder guna mendorong rakyat MErauke terus maju. Pameran kali ini, 90 persen mempromosikan produk UMKM lokal yang dalam perkembangannya secara intens terus didampingi pemerintah.

“Kita berupaya rakyat kita tumbuh sejajar, dan pertumbuhan ekonomi terus melaju sehingga bisa mencapai Indonesia maju. Mari kita bersatu, tetap hidup tertib dan penuh persaudaraan,” ajak Romanus.

Menurut Romanus, ukuran pertumbuhan ekonomi tergantung dari sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk itu, ia mengajak semua orang bekerja sama meningkatkan PAD.

Ketua Panitia HUT ke 78 RI Kabupaten Merauke, Fransiskus Kamijai menyampaikan, dalam rangka meriahkan HUT RI tahun ini, panitia telah melakukan berbagai lomba dan kegiatan yang melibatkan masyarakat.

Di antaranya, kegiatan perekaman e KTP, anjangsana di panti asuhan, pemberian paket sembako bagi masyarakat di kampung lokal, kerja bakti masal, pawai pembangunan, gelar pangan lokal di beberapa titik di kota dan kampung, dialog interaktif, lomba tradisional berupa panahan, dayung, wayase, tarik tambang, pasar malam dan hiburan.

‘Total sebanyak 84 stand UMKM yang berpartisipasi dalam pasar malam dengan menampilkan aneka produk unggulan sekaligus ada pelayanan publik dan penampilan musik,” sebut Fransiskus.

Setelah pembukaan, Bupati Merauke didampingi para Forkopimda dan OPD melakukan tinjauan di masing-masing stand.

Editor | RUDIS