KPP Merauke Target Raih ZI-WBBM 2023

MERAUKE | PAPUA TIMES- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Merauke, bertekad raih predikat Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) tahun ini (2023).

ZI-WBBM merupakan penghargaan kepada instansi pemerintah yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Kepala Kantor Pajak Pratama Merauke Ahmad Sadiq Urwah F mengatakan mewujudkan komitmen ZI-WBBM, pihaknya telah melakukan seluruh tahapan mulai dari pencanangan, pemantauan ZI-WBBM dilingkungan KPP Merauke.

“KPP Pratama Merauke telah mendeklarasikan komitmen pembangunan ZI dan kemudian diikuti penandatangan Dokumen Pakta Integritas oleh seluruh pegawai,”ujar Ahmad.

Ia menegaskan bahwa penandatangan Dokumen Pakta Integritas bukan formalitas semata melainkan reminder kepada pimpinan dan seluruh pegawai KPP Pratama Merauke untuk komit sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) siap melayani perpajakan yang berkualitas, cepat, dan bebas dari tindakan tercela.

“Ini bentuk komitmen kita sebagai Aparatur Sipil Negara yang siap memberikan pelayanan pajak berkualitas, cepat dan bebas dari tindakan tercela,”kata Ahmad, Jumat,11 Agustus 2023 di Merauke.

Sebagai bagian terpenting dari tahapan pencanangan ini, KPP Pratama Merauke juga telah menyebarluaskan informasi mengenai kegiatan pembangunan ZI-WBBM ini dengan harapan dapat ditiru oleh instansi pemerintah.

Bahkan, pihaknya siap menjadi pendamping atau narasumber pembangunan Zona Integritas oleh instansi pemerintah lain yang berniat untuk membangun Zona Integritas di lingkungan kantor masing-masing.

Lanjut Ahmad, sebagai institusi pengumpul penerimaan negara, KPP Pratama Merauke merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak yang melaksanakan layanan utama (core business) pengumpulan penerimaan pajak-pajak pemerintah pusat sekaligus memiliki risiko tinggi terkait praktik-praktik KKN.

“Sehingga komitmen pembangunan ZI-WBBM ini diharapkan dapat menghasilakn perbaikan proses bisnis internal, peningkatkan kualitas pelayanan, dan sekaligus peningkatan kepercayaan (trust) pemangku kepentingan (stakeholders), khususnya, pelaku usaha dan masyarakat di Provinsi Papua Selatan,” lanjutnya.

Kepala KPP Pratama optimis bahwa tahun 2023 mampu melampaui target penerimaan pajak yang ditetapkan sekaligus meraih predikat ZI-WBBM dari Kemenpan-RB.

Sebelumnya, di tahun 2021 yang lalu, KPP Pratama Merauke telah berhasil meraih predikat ZI-WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Editor | RUDIS

Komentar