Ayo Pelajar SMA dan SMK, Besok Pendaftaran ILPC

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Pendaftaran kompetisi pengembangan Teknologi Informasi (TI) bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat di Kota Jayapura dan sekitarnya, mulai besok, Kamis 10 Agustus 2023 dibuka.

Kompetensi bertajuk Informatika Logical Programming Competition (ILPC) 2023 itu dipelopori Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua bersama Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Kompetisi ini merupakan rangkaian lomba dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Dinas Kominfo Papua, Jeri A. Yudianto,S.Kom mengatakan kompetisi ini bertujuan untuk mengasah serta mengukur kemampuan siswa SMA/SMK di Jayapura.

“Ini juga sebagai wadah bagi para siswa SMA/SMK sederajat dalam menyalurkan hobi maupun ketrampilannya, khusus pada bidang logika (algoritma) pemrograman,”ujarnya.

Pendaftaran gratis atau tidak dipungut biaya dan mulai dibuka pada 10 Agustus 2023 s/d 21 Agustus 2023. “Technical meeting 23 Agustus 2023, dan perlombaan pada 24 Agustus 2023.”

“Yang pasti kita ingin supaya algoritma pemrograman ini bisa kian populer bagi masyarakat Jayapura. Sebab ada banyak keuntungan sebenarnya jika menguasai algoritme dan bidang terkait lainnya ini. Apalagi saat ini kita ada di dunia kerja yang sifatnya komputerisasi,” terang Jeri.

Materi lomba yang dipertandingkan nanti seperti, proposisi, gerbang logika, relasi dan fungsi, algoritma serta pemrograman. Para pemenang lomba akan memperebutkan total hadiah Rp22 juta, piala tetap dan sertifikat lomba.

Sementara untuk pendaftaran, setiap peserta wajib mewakili sekolah dan mendaftarkan diri langsung ke Sekretariat Panitia Lomba yang berlokasi di Dinas Kominfo Papua.

“Intinya algoritma pemrograman ini sangat bisa memberikan peluang kerja bagi anak-anak muda Papua yang punya talenta dan hobi di bidang ini,”pungkasnya.

Editor | ROLAND W