200 Atlet Papua Lolos PON Aceh-Sumut

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua merilis sebanyak 27 Cabang Olahraga (Cabor) telah lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Dari 27 Cabor yang lolos itu, terdapat kurang lebih 200 atlet Papua yang siap berlaga di Aceh-Sumut, setelah berhasil meraih tiket di babak kualifikasi PON dari cabang perorangan maupun beregu.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Diantaranya Cabor beregu Rugby, Hoki Indoor Putra Putri, Sofbol Putra Putri, Woodball, Hoki Field Outdoor Putra Putri, Ski Air, Aeromodelling, Binaraga, Bermotor, Angkat Besi, Selam, Menembak, Tinju, Cricket dan lainnya.

Ketua umum KONI Provinsi Papua, Dr.Kenius Kogoya mengatakan optimis jumlah atlet yang lolos bakal bertambah karena babak kualifikasi PON Aceh-Sumut masih digelar hingga September 2023. Cabor beladiri, akurasi, permainan dan beregu masih digelar.

“Cabor yang sudah mengikuti pra-PON itu sudah 27 cabang olahraga dan jumlah atlet Papua yang sudah lolos PON Aceh-Sumut, mencapai mendekati 200 orang,” ungkap Kenius kepada pers, Senin, 7 Agustus 2023 di kantornya.

Kata dia, jumlah atlet maupun Cabor masih bisa bertambah. Pasalnya, atlet-atlet eks PON Papua belum seluruhnya berlaga di Pra PON XXI. DIharapkan para juara di PON XX itu dapat menambah tiket Papua ke Aceh dan Sumut.

“Puji tuhan baik itu olahraga perorangan maupun yang beregu mereka bisa memberikan dan menunjukkan performa yang baik dan bisa lolos PON itu kita bisa lihat dengan perolehan perolehan medali yang luar biasa,” pungkasnya.

Kenius berharap beberapa Cabor yang masih akan mengikuti pra-PON bisa memberikan sumbangsih atlet-atlet terbaiknya menuju PON XXI mendatang.
“Kurang lebih sekitar 20-an lebih cabor Yang akan mengikuti Pra PON di bulan ini hingga dengan September,” tandasnya.

Kenius optimis atlet-atlet Papua mempertahankan prestasi yang diraih oleh pada PON XX. “Prinsipnya kita tetap optimis mempertahankan prestasi yang kita sudah raih. Jadi kita tidak hanya menang di kandang atau jadi tuan rumah untuk masuk sebagai 5 besar, tetapi juga kita akan tunjukkan bahwa atlet-atlet Papua itu adalah atlet yang terbaik bisa mengharumkan nama Papua dan juga Indonesia.”

“Terbukti beberapa event Sea Games dan juga Asean Games selalu anak-anak kita juga turut memberikan kontribusi luar biasa dan dan Papua sendiri 5 Emas yang disumbangkan pada event SEA games di Kamboja,” pungkasnya.

Editor | ROLAND WAYANGKAU

Komentar