Samuel Tabuni Pimpin Tim Rugby, Wim di Banten

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Tim Rugby Papua, Sabtu 29 Juli 2023 telah bertolak ke Banten untuk tampil di babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) XXI yang akan berlangsung di Tangerang, Banten, 2-5 Agustus 2023.

Di bawah pimpinan manajer tim, Samuel Tabuni, M.Si yang juga adalah Ketua Umum Persatuan Rugby Union Indonesia ( PRUI ) Provinsi Papua, tim Rugby Papua siap wim (perang, bahasa lani,Papua) berjuang memperebutkan tiket PON Aceh- Sumatera Utara (Sumut).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Tim Rugby Papua berangkat ke Banten dengan membawa 15 atlet putra, 15 atlet putri, 1 orang pelatih kepala, 1 orang asisten pelatih, dan 2 orang ofisial.

Samuel Tabuni optimis skuad Rugby Papua yang dihuni oleh 100 persen atlet asli Papua mampu memenuhi target KONI Papua meraih tiket PON. Pasalnya, tim tersebut telah mempersiapkan diri selama 6 bulan, secara mandiri, sejak Februari hingga 28 Juli 2023.

“Walaupun secara mandiri tetapi menurut kami sudah sangat maksimal dan tim sudah siap untuk bertarung merebut tiket menuju PON XXI. Saat ini tim Rugby Papua sudah berada di Banten dan melakukan latihan-latihan ringan sambil menunggu waktu pertandingan,” kata Samuel Tabuni, Selasa, 01 Agustus 2023.

Ia berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan kepada tim Rugby Papua sehingga bisa ikut serta pada babak kualifikasi menuju PON XXI.

“Atas nama Ketua Umum dan seluruh pengurus serta atlet PRUI Papua mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah dan KONI Provinsi Papua, PRUI Papua Ketua umum Rugby Cabang Kota Jayapura, PT Freeport Indonesia dan PT RUC yang telah memberikan support dan sponsor kepada tim sehingga dapat mengikuti babak kualifikasi,” ujarnya.

Pelatih Kepala Tim Rugby Papua, George Deda mengatakan timnya akan memulai babak kualifikasi menuju PON XXI pada Rabu, 2 Agustus 2023 yang diawali dengan nomor Rugby 7’s.

“Nomor-nomor yang akan di pertandingan pada babak Kualifikasi PON XXI adalah Rugby 7’s (seven) putra putri dan X Rugby putra putri.
Tim melakukan uji coba lapangan hari ini lalu technical meeting. Pertandingan akan dilaksanakan pada 2 Agustus besok sampai dengan 3 Agustus 2023 untuk nomor Rugby 7’s putra putri,” kata Deda.

“Sedangkan untuk nomor X Rugby putra dan putri akan dilaksanakan tanggal 4 sampai 5 Agustus 2023. Pertandingan dilaksanakan di Stadion Benteng – Tangerang.”

Pada babak kualifikasi ini, tim Rugby Papua akan bersaing memperebutkan tiket ke PON XXI dengan 11 provinsi, yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Maluku, dan Papua Tengah.

Editor | HANS BISAY

Komentar