Hans Bisay Dilantik Jabat Ketua PWI Papua 2022-2027

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua terpilih, Hans Bisay bersama 53 orang pengurus harian dan 4 Orang Dewan Kehormatan PWI Papua, Senin pagi, 10 Juli 2023, resmi dilantik.

Prosesi pelantikan dipimpin langsung Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari dan dihadiri Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua, Dr. Ridwan Rumasukun,SE.,MM dan Pelaksana Sekertaris Daerah (Sekda), Derek Hegemur,SH.,MH.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Dengan mengucapkan syukur ke khadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan ini saya, atas nama Ketua Umum Pwi Pusat, secara resmi melantik saudara sekalian sebagai pengurus persatuan wartawan indonesia provinsi papua masa bakti 2022 – 2027,”ucap Atal Depari.

Dalam pernyataannya, Atal menitip beberapa hal penting yang menjadi landasan tugas dan tanggung Ketua PWI Papua beserta pengurus dalam 5 tahun kedepan yakni seluruh jajaran PWI konsisten mewadahi para jurnalis di Bumi Cenderawasih untuk bekerja secara profesional dan memegang teguh kode etik wartawan Indonesia dan berpedoman pada UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

“Dengan dilantiknya Ketua PWI Papua beserta jajaranya maka tugas utama yang pertama adalah mewadahi jurnalis di daerah ini untuk bekerja profesional. PWI sebagai organisasi yang mengemban misi terwujudnya kehidupan pers yang merdeka, profesional, bermartabat dan memegang teguh kode etik wartawan Indonesia,”ungkap Atal S Depari.

Ia juga mengingatkan seluruh Pengurus PWI Papua, menjaga kepercayaan dan kehormatan dalam melaksanakan tugas-tugas organisasi maupun sebagai jurnalis.

“Keberadaan saudara adalah untuk mengabdikan kecakapan sebagai pelaku pers yang profesional guna memajukan organisasi, bangsa, dan negara,”pinta Atal.

“Saudara sekalian berada dalam kepengurusan PWI ini, melalui proses yang selektif. Kepercayaan dan kehormatanyang saudara sekalian terima hari ini harus dipertanggungjawabkan dengan sesungguh-sungguhnya,”tegas Atal mengingatkan.

Ditempat yang sama Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua, Dr. H Ridwan Rumasukun,SE,MM menyampaikan apresiasi kepada PWI Papua yang telah berkontribusi dalam pembangunan di Tanah Papua.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih atas peran PWI lewat para anggotanya yang juga adalah wartawan di berbagai media massa, telah secara berkesinambungan lewat medianya masing-masing, menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui apa yang telah dilakukan oleh gubernur dan jajaran, meski terlepas dari kekurangannya,”ujarnya

Dikatakan saran dan masukan dari Pers sebagai pilar keempat terhadap kebijakan pemerintah daerah sangat berharga untuk modal pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat di Provinsi Papua.

“Peran Pers juga sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah. Untuk itu, kami mengajak PWI bersama seluruh insan pers di Ppua agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen serta berperan dalam pembangunan bangsa dan negara, sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan pada kode etik jurnalistik, demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan dan PWI Papua,”pinta Rumasukun.

Plh Gubernur berharap PWI Papua dapat terus memfasilitasi media dan wartawan di papua untuk terus menyampaikan informasi kepada publik secara terbuka, transparan serta independen dan dapat dipercaya.
“Sehingga publik bisa membedakan mana informasi yang benar atau tidak, mana informasi yang subjektif atau tidak. Dengan begitu, peran PWI ikut bersama pemerintah provinsi papua memerangi hoax atau kabar berita bohong,”harap Rumasukun.

Ia juga mengajak PWI Papua dan PWI di seluruh Daerah Otonom Baru, untuk dapat terus konsisten dan mampu tetap menjadi bagian dari pilar demokrasi.

”Sekali lagi Ucapkan selamat kepada teman-teman yang baru saja dilantik dan selamat berkarya untuk sama-sama dengan pemerintah daerah di papua dan DOB. Membangun bumi cenderawasih yang kita cintai ini,”tandas Plh Gubernur.

Editor | HERMON K | GERSON M