Papua Kirim 131 Atlet ke Pornas, Plh Gubernur Minta Jaga Nama Baik

JAYAPURA | PAPAU TIMES- Pemerintah Provinsi Papua mengirimkan 131 atlet untuk berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri ke XVI Semarang Jawa Tengah, 13 hingga 27 Juli 2023 mendatang.
Pornas KORPRI mempertandingkan 10 Cabang Olahraga (Cabor) yakni Futsal, Bola Volley, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Senam Bugar Korpri, Balap Sepeda, Catur, Bola Basket, dan Gate Ball.

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun berpesan agar seluruh kontingen dapat menjaga nama baik Provinsi Papua. “Bertandinglah dengan elegan. Kalah itu bukan soal, menang itu bukan soal, yang penting kebersamaan, bertemu bersilaturahmi dengan seluruh anggota Korpri yang ada di Indonesia,”pintanya disela-sela pelepasan kontingen Papua, Sabtu sore,, 08 Juli 2023 di lapangan kantor Otonom Kotaraja, Kota Jayapura.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Ridwan optimis para atlet Papua yang adalah gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi Papua itu bakal tampil maksimal dan meraih prestasi terbaik di ajang Pornas kali ini, karena telah menjalani persiapan selama tiga bulan terakhir.

Ridwan meminta para atlet Korpri Papua untuk lebih mengutamakan kebersamaan dan persaudaraan, sebagai sesama keluarga besar Korpri, ketika bertanding. Sebab Pornas Korpri merupakan ajang olahraga yang dilaksanakan secara periodik untuk mendorong semangat berolahraga, sehingga menjadi sehat dan bugar di kalangan anggota Korpri.

“Intinya kegiatan ini adalah wadah untuk mempererat silaturahmi, menjalin kebersamaan, dan memperkuat solidaritas antara kita sebagai anggota Korpri seluruh Indonesia,” jelasnya.

Hal senada juga diharapkan Plh Sekda Papua yang juga Ketua Korpri, Derek Hegemur. Ia menekankan agar para atlet Korpri Papua mengutamakan sportivitas dan tidak menciptakan hal-hal yang merugikan.

“Kita ini bertanding bersama dalam suatu keluarga besar Korpri. Sehingga bertandiang harus sesuai aturan, tidak usah menciptakan sesuatu atau hal-hal yang merugikan kontingen, tapi juga Korpri pada umumnya,” pintanya.

Sementara ditanya soal target prestasi, Plh Sekda menegaskan tentunya target emas harus diraih. Namun terpenting adalah mengedepankan persahabatan dan sportivitas.

Ketua Kontingen Korpri Papua, dr. Aaron Rumainum menegaskan, untuk persiapan atlet dan lainnya sudah 100 persen. “Mereka sudah siap bertanding dan mengukir prestasi. Karena persiapan mereka latihan sudah cukup lama dari 27 maret hingga 4 juli 2023.”

“Bahkan beberapa atlet sudah mengikuti turnamen tidak resmi dan meraih juara. Seperti turnamen volly Bhayangkara juara 3 putri, dan ganda putra juara 2. Kita juga punya peluang raih juara di Cabor Futsal dan Basket,” tandas dia.

Editor | YESAYA MANSAWAN