oleh

Hari Ini, Menkeu Kembali Beri Papua Penghargaan

JAKARTA | PAPUA TIMES– Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu-RI) kembali memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Penghargaan ini merupakan yang kelima kalinya atas prestasi Papua dalam pengelolaan keuangan.

Penghargaan ini didasari keberhasilan Pemprov Papua mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam penyusunan laporan keuangan yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sejak tahun 2014 hingga tahun 2021, BPK Memberikan Opini WTP terhadap Laporan Keuangan Darah Pemprov Papua.

Penghargaan tersebut diterima oleh Sekda Papua Ridwan Rumasukun didampingi Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Papua Nus Weya pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Pemerintah Tahun 2022 di Ballroom Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Kamis (22/9/2022).

Apresiasi ini diberikan oleh pemerintah kepada seluruh Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang meraih Opini WTP atas laporan keuangan yang telah disusun, dengan kategori Penghargaan WTP Minimal 15 Kali berturut-turut, Penghargaan WTP Minimal 10 Kali Berturut-turut, Penghargaan WTP Minimal 5 Kali Berturut-turut, serta Penghargaan WTP Tahun 2021.

Salah satu indikator pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan adalah diperolehnya opini WTP. Pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan atas raihan opini WTP untuk LKPP, LKBUN, LKKL, dan LKPD serta mendorong agar capaian tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

BACA JUGA  Dana Hibah untuk DOB Provinsi Papua Selatan Rp13 M

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengapresiasi banyaknya laporan keuangan pemerintah daerah yang mendapatkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun 2021.

Dia menyebutkan sebanyak 542 Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2021, sebanyak 500 daerah atau sebesar 92,3% mendapatkan opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Angka ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya 486 daerah atau 89,7%. Bahkan, dia mengatakan ada pemerintah daerah yang mendapatkan WTP hingga 5-15 kali berturut-turut.

Sementara itu, opini WTP dari Kementerian dan Lembaga (LKKL) dan bendahara umum negara (LKBUN) mengalami penurunan menjadi 83 dari tahun sebelumnya 85 LKKL dan LKBUN.

“Ini capaian yang luar biasa, tahun ini kita telah mencatat makin banyak lembaga dan Pemerintah Daerah yang meraih WTP, ada 500 pemerintah daerah telah meraih WTP tahun 2022 ini atau sekitar 92,25 persen, naik dari tahun lalu yang hanya 89,7 persen, ini bukan capaian yang biasa, tapi luar biasa, selamat dan terima kasih pada kementerian, lembaga negara dan pemerintah daerah yang telah menjalankan keuangan daerah secara akuntabel dan transparan,” kata Menkeu.

BACA JUGA  Revitalisasi Anjungan Papua di Taman Mini Rampung

Pemda yang konsisten mendapatkan WTP lima kali, 10 kali bahkan 15 kali berturut turut meraih WTP . “Ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa dan bukan suatu pencapaian yang biasa. Tentunya dengan menggunakan keuangan anggaran dengan baik dan hemat,”tambahnya.

Editor | HASAN HUSEN

Komentar