oleh

Waspada!!! Omicron Menyebar di Kota Jayapura

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Pemerintah Papua kembali menghimbau masyarakat Papua memperketat protokol kesehatan (Prokes) seiring dengan naiknya kasus penyebaran virus Corona atau Covid-19 di sejumlah kabupaten kota.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid Papua dr Silwanus Sumule, mengungkapkan hasil pemeriksaan 44 sampel yang dilakukan Litbangkes Kementerian Kesehatan Papua ditemukan 33 sampel positif varian Omicron ( BA.4- like dan BA.5 -Like) yang berasal dari Kota Jayapura dan Kabupaten Mimika.

“Hari ini, pihak Litbangkes Kementerian Kesehatan Papua melaporkan 44 sampel yang dilakukan WGS ( Whole Genome Sequencing ) SARS-Cov2 dengan hasil ditemukan 33 sampel positif varian Omicron ( BA.4- like dan BA.5 -Like) yang berasal dari Kota Jayapura dan Mimika,”ungkap Sumule kepada pers, Rabu petang (23/8/2022).

Menurutnya, sesuai dengan literatur yg ada, varian ini mempunyai daya penularannya tinggi dan masa inkubasi ( waktu terinfeksi hingga muncul gejala) selama 3 hari. “Keluhan ringan dirasakan bagi mereka yang telah mempunyai imunitas tetapi berat bagi mereka yg belum mempunyai imunitas,”ujarnya.

BACA JUGA  Mobil Ambulance Disiagakan di Rumah Gubernur Enembe, Ada Apa?

Dengan kasus tersebut, Sumule atas nama pemerintah menghimba warga masyarakat jangan kendor dalam prokes.Yang belum vaksin … ayo vaksin. Tenaga kesehatan (Nakes) segera lakukan booster ke 2, Petugas kesehatan tetap waspada. Lakukan 3T.
Fasilitas kesehatan ( RSU dan PKM ) SELALU siap sedia. Siapkan tenaga, ruangan rawat inap, obatan dan bahan habis pakai dan Satgas Covid Kabupaten Kota diminta terus berkoordinasi dengan Satgas Provinsi dan Pusat.

Sementara itu, Penjabat Walikota Jayapura, Dr Frans Pekey, M.Si menegaskan apabila angka kasus Covid 19 di Kota Jayapura naik, maka pihaknya akan memperketat waktu aktivitas warga.

“Dengan kenaikan kasus ini, tentu satgas covid 19 kota jayapura mengikuti tren kasus, tentu kita akan melakukan evaluasi pada bulan agustus ini. Untuk mengambil langka lebih lanjut, jika kasus semakin naik, kita akan perketat protocol kesehatan dan membatasi jam aktivitas masyarakat serta meningkatkan vaksinasi,”tambah Pekey.

BACA JUGA  Mobil Ambulance Disiagakan di Rumah Gubernur Enembe, Ada Apa?

Pj Walikota mengajak warga Kota Jayapura mengikuti informasi yang disebarkan setiap hari sehingga bisa mengikuti perkembangan covid 19 di Kota Jayapura “Saya minta kepada seluruh masyarakat jayapura mencermati dan mengikuti kenaikan kasus ini yang sedang naik,” ucapnya.

Editor | HANS B | HERMON K

Komentar