oleh

Pelayanan RSUD Abepura Memuaskan

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura mendapat penilaian yang memuaskan.
Hasil survey Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyebutkan tingkat kepuasaan pasien terhadap pelayanan RSUD Abepura mencapai 87 persen.

Hal itu dikemukakan Direktur RSUD Abepura dr. Dessy Urbinas saat pemaparan capaian kerjanya pada acara Temu Media dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bidang Kesehatan Provinsi Papua, Selasa (05/07/2022) bertempat di Aula Kominfo Papua.

“RS Abepura pada tahun 2020 mendapat nilai 87% hasil survey kepuasaan pasien terhadap pelayanan RSUD Abepura dari BPJS Kesehatan,”akunya.

Dokter Dessy mengataka pada bulan Maret 2020 RS Abepura menjadi RS rujukan Provinsi Papua untuk Covid-19 dan melayani 100% pasien Covid-19.

Dimana, total jumlah pasien 366 orang, sembuh 352 orang, meninggal 14 orang, isolasi mandiri 1.193 orang, dan berhasil menyelesaikan klaim pasien Covid-19 secara baik dan tuntas ke Kementerian Kesehatan.

Pada thun 2021, pasien Covid-19 yang dilayani sebanyak 460 orang, sembuh 415 orang, meninggal 55 orang dan berhasil menyelesaikan klaim pasien Covid-19 secara baik dan tuntas ke Kementerian Kesehatan.

Sementara jumlah warga dan tenaga kesehatan yang divaksinasi Covid 19 di RSUD Abepura lebih dari 6.843 orang yang divaksin. Terdiri dari tenaga kesehatan dari RSUD Abepura dan warga masyarakat termasuk lansia dan anak.

Lanjutnya, RS Abepura juga bekerjasama dengan Kementerian PUPR melakukan renovasi 2 ruangan untuk dijadikan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan ruang rawat Covid-19 sesuai Standar Nasional yang dengan ruangan bertekanan negatif, pintu interlock dengan berkapasitas 36 tempat tidur. Serta mendapat bantuan hibah alat kedaruratan dari Kemenkes RI berupa 12 TT, 6 unit Ventilator, 12 unit bed side monitor, 12 unit Syringe pump, 12 unit infuse pump, 3 unit EKG.

Di tahun 2022, kata dr. Dessy Urbinas, dengan keterbatasan anggaran daerah, pelayanan RSUD Abepura masih berjalan baik dan lancar antara lain dan mampu mempekerjakan tenaga magang sukarela 130 orang serta masih mempekerjakan tenaga Cleaning Service, mengontrak security dengan sumber dana BLUD sehingga pelayanan RSUD Abepura kepada masyarakat masih berjalan baik.

Editor | YESAYA MANSAWAN

Komentar