oleh

PON XX: Ini Rute Api PON Papua

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Kirab Api PON XX dijadwalkan 27 September 2021 mendatang. Kirab diawali dengan pengambilan Api Abadi PON di Maladuk, Klamono, Kabupaten Sorong, Papua Barat kemudian dibawa melewati beberapa daerah.

Ketua Harian PB PON XX, Yunus Wonda didampingi Wakil Sekertaris IV Bidang Humas dan PPM, Kadkis Matdoan, Rabu malam (15/9/2021) menjelaskan Kirab Api PON XX yang diambil dari area Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Klamono Sorong Papua Barat akan melakukan perjalanan udara melintasi jarak ribuan kilometer.

Kirab Api PON melewati beberapa kabupaten sebagai perwakilan wilayah adat di Tanah Papua, yakni Api diambil dari Klamono, wilayah Adat Doberai, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, kemudian mengelilingi 5 wilayah adat di Provinsi Papua selama 6 hari berturut-turut dari 27 September hingga 2 Oktober 2021.

“Dari rahim bumi Papua, api murni dari alam ini akan melakukan perjalanan udara melintasi jarak ribuan kilometer. Api diambil dari Klamono, wilayah Adat Doberai kemudian mengelilingi 5 wilayah adat dimulai dari Biak wilayah adat Saereri, kemudian ke Mimika wilayah adat Mee Pago selanjutnya ke Wamena wilayah adat Lapago kemudian Merauke wilayah Anim Ha dan Kabupaten Kota Jayapura mewakili wilayah adat Mamta, dan berakhir di Stadion Lukas Enembe,”jelasnya.

BACA JUGA  Peparnas XVI Papua Siap Digelar

Dikemukakan Yunus, Api PON akan diterima dan dikirabkan mengelilingi kota kemudian disemayamkan sebagai simbol untuk ‘membagikan kehangatan’ bagi seluruh masyarakat Papua. Pasukan Kirab pembawa Obor Api PON, secara eksklusif melewati berbagai titik strategis yang ikonik dan monumental di tiap kota.

Menyapa langsung masyarakat Papua dari dekat dan mengabarkan kegembiraan dan kebanggaan bagi tiap orang. Pasukan Kirab terdiri dari Pasukan Inti dari TNI-POLRI, Atlet Nasional, dan komunitas masyarakat yang ingin terlibat langsung mengantarkan Api PON berkeliling kota.

Pada saat yang bersamaan, kedatangan obor api PON di tiap kota disambut kegiatan Pentas Seni dan Budaya yang melibatkan pemerintah daerah, TNI-POLRI, kelompok masyarakat mulai dari komunitas seni, pelajar hingga kelompok adat. Inilah bentuk nyata sinergi yang harmonis antara pemerintah dan masyarakat Papua untuk mendukung dan menyukseskan Papua sebagai tuan rumah PON XX 2021.

BACA JUGA  Wabup Sleman Lepas Atlet Sleman yang Wakili DIY di Peparnas Papua

“Obor api PON akan menggenapkan perjalanannya pada 2 Oktober 2021 menuju stadion Lukas Enembe Jayapura untuk disiapkan dalam prosesi penyalaan kalderon dalam puncak kegiatan Upacara Pembukaan PON XX 2021 Papua,”tandas Wonda.

Editor | HANS B | LEPIANUS K

Komentar

News Feed