oleh

PON XX: TNI AL Vaksinasi Pelajar Jayapura

JAYAPURA | PAPUA TIMES- TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui Satuan Tugas (Satgas) Papua menggelar vaksinasi bagi para pelajar di wilayah Jayapura dan masyarakat sekitar sekaligus memberikan wisata edukasi maritim di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso-990 bertempat di Pelabuhan Jayapura, Senin (13/9/2021).

Dalam keterangan tertulis Dispenal, disebutkan kehadiran KRI dr. Soeharso-990 pada vaksinasi di wilayah Papua ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono untuk mendukung kegiatan serbuan vaksinasi dan edukasi maritim wilayah Papua mulai 13 sampai 20 September 2021 serta menyukseskan PON XX Papua 2021 sehingga dapat membangun herd immunity bagi masyarakat Papua.

Para pelajar yang terdiri dari siswa-siswi SMP se-Jayapura ini melaksanakan vaksinasi di Pelabuhan Jayapura dengan sangat antusias. Mereka terlihat sangat senang karena sekaligus dapat mengunjungi KRI dr. Soeharso-990 setelah pelaksanaan vaksinasi dan menerima edukasi maritim oleh para ABK kapal.

Tidak hanya para pelajar saja yang antusias mengikuti vaksinasi, para pekerja pelabuhan serta masyarakat di sekitar pelabuhan juga memadati pelabuhan sejak pagi hingga sore hari.

Keberadaan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang sandar di Pelabuhan Jayapura menjadi destinasi wisata edukasi untuk pelajar yang ingin mengenal lebih dekat Kapal Perang yang dimiliki TNI AL.

Para pelajar juga diberikan pengetahuan tentang kebaharian dan kemaritiman bahwa nenek moyang Indonesia adalah seorang pelaut yang mampu menjelajah lautan sampai ke luar wilayah Nusantara.

Dalam vaksinasi kali ini Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, dan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano didampingi Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI dr. Agus Guntoro, SpBs dan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) X Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi di Pelabuhan Jayapura serta melaksanakan tour facilities di KRI dr. Soeharso-990.

Rektor IPDN di depan awak media menilai masyarakat Papua terlihat sudah mulai sadar akan pentingnya vaksinasi. Target yang akan dicapai untuk serbuan vaksinasi kali ini adalah sebanyak banyaknya.

“Tidak menargetkan berapa ribu, namun diharapkan wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura maupun Kabupaten Keerom bisa tervaksin sebanyak banyaknya sehingga dalam pelaksanaan PON XX sudah bisa mencapai 70 persen,” imbuhnya.

Sejumlah 82 Tenaga Kesehatan (Nakes) yang dikerahkan dalam serbuan vaksinasi di Pelabuhan ini terdiri dari Nakes TNI AL, Nakes IPDN, RSAL dr. Soedibjo Sardadi, Nakes Polri, Kesehatan Daerah Militer (Kesdam) XVII/Cendrawasih, Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Puskesmas Tanjung Ria, Puskesmas Imbi, Puskesmas Jayapura Utara dan Puskesmas Elly Uyo dengan jenis sinovac dan melayani untuk dosis pertama maupun kedua. Setelah divaksin para peserta mendapatkan bingkisan sembako.

Editor | TIM

Komentar

News Feed