oleh

PON XX: Papua Siap Rebut 84 Medali Emas

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Kontingen Papua menargetkan masuk lima besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 dan siap merebut 84 medali emas.

Target itu ditegaskan Sekertaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Kenius Kogoya,SP,M.Si saat menyampaikan sambutannya disela-sela Pengukuhan Komandan Kontingen sekaligus Pelepasan Kontingen PON Papua yang berlangsung Kamis pagi (9/9/2021) di Stadion Mandala Jayapura.

“Target kita, Kontingen Provinsi Papua meraih 84 Medali Emas yang akan direbut oleh atlet putra putri unggulan Papua berjumlah 295 orang,”jelasnya.

Sekum KONI merinci jumlah Cabang Olahraga (Cabor) yang diikuti Papua sebanyak 37 Cabor dengan jumlah disiplin sebanyak 56 nomor. Sedangkan jumlah atlet Papua sebanyak 945 orang terdiri dari 541 Putra dan 404 Putri dengan jumlah pelatih dan asisten pelatih 234 orang

“Para atlet yang masuk kontingen Papua ini telah menjalani pemusatan latihan cukup panjang kurang lebih 38 bulan. Sedangkan jumlah Official masing – masing Cabor 133 orang dan jumlah official pengurus kontingen sebanyak 215 orang,”jelasnya.

Sebagai tuan rumah, kata Kenius Kogoya, pihaknya telah mempersiapkan segala daya dan upaya untuk dapat meraih prestasi terbaik di ajang PON ke XX. Dimulai dari tahun 2018 hingga sampai tahun 2021, KONI Papua telah melakukan berbagai mencapai sukses prestasi di PON XX 2021.

BACA JUGA  KONI Pusat Kukuhkan Dewan Hakim PON Papua.

Salah satu upaya melalui sinergi KONI dengan Kodam Cenderawasih dalam pembentukan Pemusatan Latihan Provinsi (Puslatprov).

Melalui Puslatprov, KONI dan Kodam Cenderawasih membentuk dan membina atlet Papua untuk berlaga di PON. “KONI Papua bersinergi dengan Pangdam XVII/Cendrawasih membentuk Puslatprov, dan dari titik inilah terbentuk atlet unggulan yang didampingi pelatih, asisten pelatih, dan official terbaik,”ujarnya.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh personalia yang terlibat dari awal hingga akhir dalam strategi Papua untuk meraih prestasi di PON XX 2021 Papua. Khususnya Ketua Pusat Latihan Provinsi (Puslatprov) beserta jajaran yang telah melaksanakan Training Centre Dan Character Building dengan baik,”ungkap Kenius.

Dia menambahkan seluruh atlet Papua, pelatih dan asisten pelatih, official dan seluruh Pengurus KONI Papua telah melakukan vaksin sebagai bentuk dukungan mensukseskan PON dan mendukung program pemerintah mencegah penularan virus Corona (Covid-19). “Atlet bersama kami semua siap mensukseskan PON XX,”bilang Kenius.

BACA JUGA  Gubernur Enembe Lantik Bupati Jhon Tabo

Mengakhiri sambutan, Kenius Kogoya mengatakan pada hari ini KONI Papua dan Ketua Puslatprov menyerahkan seluruh atlet kepada Komandan Kontingen Papua, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Mathius D Fakhiri,S.I.K untuk memimpin Kontingen Papua merebut prestasi terbaik di PON.

“Hari ini tanggal 9 September 2021 Hari Kamis, KONI Provinsi Papua dan Puslatprov menyerahkan seluruh Kontingen Papua PON XX 2021 kepada Komandan Kontingen dan sekaligus tanggung jawab Komandan Kontingen dan jajarannya, untuk memimpin Kontingen Papua dalam meraih 5 besar pada PON XX 2021,”pintanya.

Editor | HANS BISAY

Komentar

News Feed