Tol Laut Depapre Resmi Beroperasi

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Pelabuhan Depapre resmi beroperasi sebagai pelabuhan peti kemas dan melayani rute tol laut. Peresmiannya ditandai dengan bersandarnya kapal tol laut logistik nusantara (Lognus) 2 yang dioperasikan PT Pelni.

Pelabuhan yang berada di Distrik Depapre Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua itu melayani rute baru atau rute T-9 meliputi Kabupaten Merauke – Kokas – Sorong – Supiori – Depapre Kabupaten Jayapura (pulang pergi).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Peresmian pelabuhan tersebut dilakukan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE., M.Si, didampingi staf ahli menteri perhubungan Dr. Cris Kuntadi, Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Papua, Muhammad Musa’ad dan pejabat lainnya.

Bupati Jayapura Mathius Awoitouw bersyukur atas beroperasinya pelabuhan ini dan sekaligus bangga karena Depapre menjadi salah satu pelabuhan tol laut di Papua.

Ditempat yang sama Asisten II Setda Papua Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Papua, Dr. Drs Muhammad Musa’ad,M.Si mewakili Gubernur Provinsi Papua mengapresiasi peresmian pelabuhan tersebut.

“Selamat datang tol laut di pelabuhan depapre kabupaten jayapura, hal ini mengingatkan kembali pada penghujung perang dunia II, yang mana pasukan sekutu mendaratkan kapal perang besarnya di bumi Cendrawasih di ujung timur nusantara. Namun peristiwa hari Rabu, 27 Januari 2021 merupakan sejarah baru bagi Papua memiliki pelabuhan dengan teluk yang teduh di ujung Pasifik yang disandari Kapal berkapasitas 3.000 GWT lebih membawa bahan pokok untuk menggerakkan roda perekonoman di Papua,”ujarnya.

Kata Musa’ad, program tol laut yang dipelopori Presiden Joko Widodo untuk mempercepat distribusi bahan logistik yang terhubung ke beberapa pelabuhan dengan prinsip bongkar dan muat.

Editor | YESAYA MANSAWAN

Komentar