oleh

Dewan Soroti Disiplin Pimpinan OPD Tolikara

KARUBAGA | PAPUA TIMES- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tolikara Arson Soni Wanimbo,S.IP menyoroti ketidakhadiran sebagian pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (ODP) saat pembahasan program kerja tahun 2021.

Dia mengingatkan bahwa hearing antara dewan dengan OPD sangat penting realisasi program prioritas pemerintah daerah sesuai visi dan misi bupati Tolikara.

Apalagi, lanjut Arson, pimpinan OPD Kabupaten Tolikara 90 persen anak Papua. Seyogianya mereka lebih giat dan disiplin membangun daerah.

“Sangat disayangkan sebagian Kepala OPD belum membuktikan komitmennya mendukung visi dan misi bupati dan wakil bupati.Ini membuktikan beberapa pimpinan OPD lalai mendukung program pembangunan Pemerintah Daerah,”ujar Arson usai pembahasan program kerja dengan beberapa Kepala OPD di Kantor Sekretariat Dewan di Karubaga.

Ketua dewan berharap sebagian kepala OPD yang belum hadir ini saat rapat pembahasan program kerja agar prokatif menemui komisi-komisi sesuai bidangnya. Sehingga penyempurnaan program kerja dimasing-masing OPD bisa dituntaskan.

“Salah satu tugas utama anggota DPRD adalah pengawasan. Jadi saran,usulan bahkan kritikan yang membangun dari pihak legislatif wajib dilakukan. Itulah gunanya gelar pembahasan program kerja OPD, tandas Arson Soni Wanimbo.

Sementara itu, Wakil Bupati Tolikara, Dinus Wanimbo,SH,M.H menegaskan pihaknya telah menginstruksikan seluruh pimpinan OPD untuk hadir pada pembahasan program kerja dengan dewan.

“Pimpinan OPD yang belum hadir membahas program kerjanya diminta untuk segera datang di Karubaga pada kesempatan pertama kali ini. Apabila tidak hadir dengan alasan yang kurang jelas tentu patut menerima konsekwensinya,”tegas Dinus.

Menurutnya, pemerintah menerima apapun catatan dan rekomendasi dari DPRD terkait hasil pembahasan program kerja OPD. Dengan begitu diharapkan dilakukan perbaikan yang lebih baik.

“Mewakili Bupati Tolikara, kami apresiasi pimpinan dan anggota legislatif yang telah menjalankan tupoksinya untuk kepentingan umum di daerah ini,”ungkapnya.

Editor | LEPIANUS KOGOYA | YIKWANAK

Komentar

News Feed