Jhon Tabo Terpilih Jadi Bupati Mamberamo Raya

BURMESO | PAPUA TIMES- Pasangan John Tabo dan Ever Mudumi yang diusung Partai Golkar, PDIP, PSI dan Partai Berkarya ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Mamberamo Raya (Mambra) sesuai Keputusan KPUD Mamberamo Raya, Nomor 200/PL.02.06-Kpt/9120/KPU-Kab/XII/2020.

Pasangan dengan tagline JTEM ini ditetapkan melalui rapat pleno KPUD Kabupaten Mamberamo Raya yang dihadiri Komisioner KPU Provinsi Papua, Theodorus Kosay selaku Ketua KPUD Mamberamo Raya, Melkias Kambu, Fransiskus Anthonius Letsoin dan Diana Dorthea Simbiak.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Rekapitulasi suara yang berlangsung di Kantor KPU Mamberamo Raya, selama 3 hari, sejak Minggu hingga Rabu (13-16 Desember 2020) secara manual memutuskan hasil perolehan suara pasangan John Tabo dan Ever Mudumi unggul dengan perolehan suara 8.577 atau34 persen dari tiga pasangan calon lainnya.

Pasangan Robby Rumansara dan Lukas Yantje diposisi kedua dengan jumlah suara 6.015 disusul Kristian Wanimbo dan Yonas Tasti dengan jumlah suara sebanyak 5.615 dan pasangan Dorinus Dasinapa dan Andris Maay, dengan jumlah suara, 4.929.

Setelah dilakukan penetapan hasil penghitungan suara Pilkada, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serta penyerahan SK Penetapan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada Mambra, kepada masing-masing kandidat oleh Ketua KPU Provinsi Papua, yang juga sebagai Ketua KPUD Kabupaten Mamberamo Raya, Theodorus Kosay.

Untuk diketahui, dari empat pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya, yang hadir mengikuti Pleno Penetapan Rekapitulasi Penghitungan suara Pilkada Mamberamo Raya, hanya pasangan John Tabo-Ever Mudumi. Walau ketiga paslon tidak hadir, rapat pleno rekapitilasi penghitungan suara Pilkada Mambra tetap berlangsung.

Menurut Ketua tim Koalisi JTEM yang mengusung motto Arus Perubahan Mamberamo Raya, Elias Basutey, pasangan John Tabo Ever Mudumi unggul di dua Distrik, yaitu di Distrik Mamberamo Hulu dan Distrik Rofayer dengan jumlah perolehan suara sebanyak, 2.580 dan 2.394. Sedangkan di Distrik Mamberamo Tengah, Pasangan John Tabo menempati urutan kedua dengan jumlah suara 1.563.

“Pa John Tabo dan Ever Mudumi Menang di dua Distrik, Masing-masing di Distrik Mamberamo Hulu Dan Distrik Rofayer, dengan total suara dari dua Distrik ini sebanyak 4.974 suara,”terang Elias Basutey.

Lanjut Elias, perolehan suara pasangan John Tabo-Ever Mudumi, di enam Distrik lainnya yaitu, di Distrik Mamberamo Tengah, 1.563, di Distrik Mamberamo Tengah Timur, 733, di Distrik Mamberamo Hilir, 278, di Distrik Waropen Atas, 283, di Distrik Sawai, 454, dan di Distrik Benuki, 292.

Dengan ditetapkannya Pasangan John Tabo-Ever Mudumi Sebagai Bupati dan Wakil Bupati, Pilkada Kabupaten Mamberamo Raya, Periode 2021-2026, disambut baik Masyarakat Mamberamo Raya.

Delapan Program Skala Prioritas Pasangan John Tabo-Ever Mudumi, diantaranya, Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Telekomunikasi, Sosial dan Budaya.

Editor | JEFRI P | HANS B

Komentar