Guru Honorer Papua Diupayakan Terima BSU

JAYAPURA | PAPUA TIMES- Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua mengupayakan 2.834 guru honorer di Papua mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang disiapkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud-RI)

“Berdasarkan analisis kebutuhan guru, idealnya di Papua per Desember 2019 punya 10.910 tenaga pengajar. Namun kita hanya punya guru PNS 4.472 orang maka Papua kekurangan Guru 6.441”.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

“Karena kekurangan ini kita rekrut guru honorer yang saat ini berjumlah 2.834, sehingga mereka kita dorong untuk bisa mendapatkan bantuan itu,” terang Kepala DPPAD Provinsi Papua Christian Sohilait,ST.,M.Si di Jayapura, Selasa (17/11/2020).

Menurut Sohilait 2.834 tenaga pendidik itu, tersebar lembaga pendidikan SMU, SMK serta SLB di Papua. Sementara untuk Paud, TK, SD dan SMP, pihaknya tengah mempersiapkan surat ke kabupaten dan kota di Papua.

“Yang pasti kita sambut baik sekali kebijakan pemerintah membantu guru-guru non PNS kita. Yang paling penting, harapannya adalah semua guru honorer di Papua bisa menerima BSU dan tidak boleh ada yang terabaikan”. “Intinya Kami akan pelajari kebijakan ini dan mempersiapkan data yang dibutuhkan agar semua terakomodir,” tandasnya.

Mendikbud Nadiem Makarim menyampaikan total anggaran BLT BSU Kemendikbud Rp3,6 Triliun pada rapat kerja dengan Komisi X DPR, di Jakarta, Senin, 16 November 2020.

Dikutip dari lama resmi Kemendikbud, Nadiem memastikan BLT BSU untuk Guru dan tenaga kependidikan non PNS senilai Rp1.8 juta bakal segera cair. BLT BSU Kemendikbud, diberikan kepada 2 juta tenaga kependidikan honorer yang berada di seluruh Indonesia.

sasaran Penerima BLT BSU Kemendikbud yaitu Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berstatus non-PNS, meliputi:
1. Dosen
2. Guru
3. Guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah
4. Pendidik Paud (Pendidikan Anak Usia Dini)
5. Pendidik Kesetaraan
6. Tenaga keperpustakaan
7. Tenaga Laboratorium, dan
8. Tenaga Administrasi

Mendikbud menjelaskan total sasaran yang akan menerima BLT BSU Kemendikbud sebanyak 2.034.732 orang dengan rincian sebagai berikut
162.377 Dosen pada PTN dan PTS, 1.634.832 Guru dan Tenaga Pendidik pada satuan Pendidikan Negeri dan Swasta, 237.623 Tenaga Kepustakaan, Tenaga Laboratorium dan Tenaga Administratif.

Editor | EDWIN RIQUEN

Komentar