Pendaftaran Wartawan Peliput PON XX Papua Diperpanjang

JAKARTA (PTIMES) – Pendaftaran wartawan peliput Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 resmi diperpanjang.

Perpanjangan itu sebagaimana Surat Keputusan Bersama (SKB) antara KONI, PWI Pusat serta PB PON Papua, di Jakarta Rabu (12/8/2020) petang.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer

Dalam masa perpanjangan itu, diharapkan seluruh media dapat mendorong akreditasi bagi wartawan yang bakal meliput PON di Papua.

“Waktu pendaftaran diundur sehingga bisa menampung lebih banyak wartawan yang sudah terakreditasi”.

“Intinya, kita tidak ingin menyulitkan namun kita mendorong agar wartawan peliput PON XX adalah dari media yang terverifikasi oleh Dewan Pers dan kompeten,” kata kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dalam pertemuan dengan Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua Harian PB PON XX/2021 Yunus Wonda, Rabu (12/8/2020).

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menyatakan organisasinya siap berperan mendukung Papua sebagai tuan rumah PON XX.

Dengan demikian diharapkan nantinya para wartawan yang meliput PON XX, mampu menghadirkan tulisan-tulisan yang memberikan spirit terhadap atlet dan masyarakat Papua maupun Indonesia.

“Makanya saya setuju dengan arahan Ketua Umum KONI Pusat agar media terverifikasi dan wartawan terakreditasi. Waktu yang ada bisa dipakai untuk melaksanakan uji kompetensi,” ujar Atal.

Sementara itu, Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda katakan, seluruh akomodasi, konsumsi maupun transportasi lokal wartawan peliput PON akan ditanggung Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Papua.

“Makanya, kita membutuhkan data awal tentang jumlah wartawan yang akan datang ke Papua. Baik bagi mereka yang akan
meliput di Kota Jayapura, di Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika”.

“Kami ingin menunjukkan Papua aman dengan pelaksanaan PON. Kita juga ingin menunjukkan Papua sebagai pusat persatuan dan prestasi olahraga Indonesia. Sekaligus ingin memastikan siapa saja yang datang ke Papua akan pulang dengan senyum,” tuntas ia.

Sementara hadir pula dalam penandatangan SKB tersebut, Sekjen KONI Pusat TB Ade Lukman, Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Wakil Ketua Harian PB PON, Yusuf Yambe Yabdi, Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa, Humas dan PPM PB PON XX Kadkis A Matdoan beserta pengurus PWI Papua dan Siwo PWI Papua.

Sementara keputusan perpanjangan dan persyaratan Pendaftaran Wartawan Peliput PON XX yakni :

I. Waktu pendaftaran dibagi menjadi dua periode:
a. Entry by number: mulai 17 Agustus – 10 November 2020
b. Entry by name: mulai 1 Maret – 1 September 2021

II. Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi pendaftaran PB PON XX

III. Persyaratan pendaftaran

1. Perusahaan media sudah terverifikasi Dewan Pers.
2. Menyertakan surat tugas atau surat keterangan penunjukan dari media masing-masing,
3. Kartu pers
4. KTP
5. Pas foto
6. Baik dalam entry by number maupun entry by name sudah menyebutkan tempat liputan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke atau Kabupaten Mimika.

Komentar