Pemprov Papua Sudah Distribusikan 12.965 APD ke Delapan Kabupaten dan Kota

JAYAPURA (PTIMES) – Pemerintah Provinsi Papua memastikan telah mendistribusikan 12.965 alat pelindung diri (APD) hingga 25 April 2020 ke delapan kabupaten dan kota maupun rumah sakit setempat, dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di bumi cenderawasih.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Jery A. Yudianto kepada pers, Minggu (26/4/2020).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Menurutnya, pendistribusian APD terbanyak di Kota Jayapura, yakni sebanyak 910 melalui instansi kesehatan setempat. Kemudian 4940 APD diserahkan kepada seluruh rumah sakit rujukan di Jayapura yang menangani Covid-19.

Selanjutnya Kabupaten Mimika di urutan kedua dengan 725 APD melalui instansi kesehatan setempat serta 1700 unit bagi rumah sakit rujukan yang menangani pandemi virus corona.

Tak hanya APD, Pemprov Papua juga telah mendorong distribusi 8.315 rapid test Covid-19 dengan Kota Jayapura mendapat jatah terbanyak (1.310 lewat instansi kesehatan setempat dan 1.225 di rumah sakit rujukan Covid-19).

“Selain itu ada juga ribuan masker dan oseltamivir maupun chloroquin yang sudah didistribusikan”.

“Tentunya sebagaimana yang pernah disampaikan Wagub Klemen Tinal, Pemprov Papua akan terus mendukung penanggulangan Covid-19 di seluruh bumi cenderawasih. Baik melalui dukungan anggaran maupun hal terkait lainnya,” ucap dia.

Sebelumnya, Wagub Klemen memastikan, Pemprov Papua tidak tutup mata dengan pemerintah kabupaten dan kota dalam upata menangani Covid-19.

Dimana dana tunai sebesar Rp2 miliar untuk 27 kabupaten telah disalurkan, sementara Kota dan Kabupaten Jayapura mendapat suplai masing-masing Rp4 miliar.

“Kemudian setiap rumah Sakit rujukan Covid-19 di seluruh Papua kami bantu Rp5 miliar. Sebab kita punya hati ingin membantu memutus mata rantai penyakit ini,” ucap ia.

EDITOR : ERWIN