oleh

Update Covid-19 Papua, 8 Kasus Baru Total Kumulatif 26 Orang

JAYAPURA (PTIMES) – Pemerintah Provinsi Papua mengumumkan jumlah pasien Covid-19 akibat virus Corona masih bertambah.

Dari data Satgas Covid-19 Papua Minggu (5/4/2020) pukul 19.00 Wit, terdapat 8 kasus baru hingga total jumlah pasien positif secara kumulatif mencapai 26 orang.

Hal itu disampaikan Jubir Satgas Covid-19 Papua dr. Silwanus Sumule dalam siaran live streaming dari Gedung BPBD Papua, Minggu malam.

“Ada 8 kasus baru hari ini (Minggu,red). Sebanyak 5 kasus kami temukan di Kabupaten Mimika serta Kota Jayapura 3 kasus orang. Dan 8 orang ini ada dalam prawatan di dua rumah sakit rujukan Covid-19,” jelasnya.

Sementara dari 26 kasus positif, sebanyak 19 orang dalam perawatan, 5 orang sembuh dan meninggal 2 orang. Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) turun menjadi 5.852 orang serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 45 orang.

Silwanus pastikan, terdapat 4 kabupaten dan kota yang betul-betul mendapat perhatian Satgas Covid-19 Papua. Yaitu, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Merauke dan Jayapura.

Dimana untuk Kota Jayapura menjadi perhatian utama karena terdapat 12 kasus positif, 8 dalam perawatan, 3 kasus sembuh namun 1 pasien meninggal. “Untuk kasus yang pasien yang meninggal di Jayapura subuh tadi, hasil sampelnya sudah dipastikan positif, dimana datanya kami terima pada pukul 20.00 Wit,” ucap ia.

Wilayah kedua, adalah Kabupaten Mimika yang kini dengan 8 kasus positif dengan rincian 7 menjalani perawatan dan 1 meninggal.

Sementara untuk 19 pasien positif di Papua, tambah ia, saat ini dalam penanganan medis di seluruh rumah sakit rujukan, dengan gejala sakit ringan, sedang maupun berat. “2 pasien diantaranya menggunakan alat bantu nafas,” ungkapnya.

Diketahui, dari 214 sampel yang diperiksa di laboratorium, sebanyak 196 negatif dan 26 positif.

Sementara untuk memaksimalkan penanganan Covid-19, Pemprov Papua tengah berupaya mengoptimalkan para dokter muda semester Uncen Jayapura bersama perawat tahap akhir pendidikan di Papua.

Pemprov Papua juga akan bakal memaksimalkan tenaga perawat maupun dokter purna tugas, namun masih dalam pembicaraan khusus dengan asosiasi profesi terkait.

EDITOR : ERWIN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed