oleh

Dua Warga Kabupaten Jayapura Positif Terinveksi Covid-19

JAYAPURA (PTIMES) – Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie memastikan dua orang warganya positif terinveksi Virus Corona.

Dua warga di Distrik Doyo Baru dan Waibu tersebut, saat ini tengah menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Yowari, Kabupaten Jayapura.

“Keduanya sebelum itu sudah menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP). Namun dari hasil pemeriksaan dinyatakan positif,” terang Khairul kepada wartawan di Jayapura, Kamis (2/4/2020).

Khairul yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura katakan pasien pertama (01) yang positif Covid-19 tersebut sebelumnya memiliki riwayat perjalanan ke Makasar mengikuti sebuah kegiatan keagamaan.

Sementara pasien kedua (02) yang dinyatakan positif, melakukan kontak dengan saudaranya yang berdomisili di Sarmi. Namun baru kembali mengikuti kegiatan keagamaan di Makasar bersamaan dengan pasien 01.

“Sehingga pasien 01 diduga terinveksi saat ikut kegiatan keagamaan di Makasar dan pasien 02 terinveksi dari saudaranya domisili Sarmi yang juga baru pulang ikut kegiatan keagamaan di Makasar”.

“Makanya, untuk saudara dari pasien 02 yang tinggal di Sarmi ini sementara dilacak keberadaannya,” kata ia.

Langkah jangka pendek yang dilakukan Satgas berkaitan dengan temuan dua pasien positif Covid-19 tersebut, tim pada
Jumat besok segera melakukan penyelidikan epidemiologi untuk melacak penyebaran kasus positif Corona tersebut.
Dimana fokus utama ada pada pihak keluarga dekat yang menjadi kontak pertama seluruh pasien positif.

“Namun yang paling utama adalah mereka yang ada dalam satu kegiatan di Makasar itu. Kita segera lacak dan lakukan pengujian atau tes. Selanjutnya kita akan tanyakan sudah bertemu dan kontak dengan siapa saja”.

“Sebab rombongan dari Kabupaten Jayapura yang mengikuti kegiatan keagamaan di Makassar cukup banyak. Mencapai 60 orang,” ujarnya.

Memang diakui Khairul, rombongan yang baru pulang dari Makasar itu sudah masuk dalam ODP. Namun waktu kedatangnya berbeda.

“Kalau yang positif ini datang dari makassar 25 Maret ke Sentani, Kabupaten Jayapura. Namun ada yang lebih dulu dan belakangan. Sehingga mereka ini yang akan kita lacak keberadaan semuanya,” ungkap ia.

Berkenaan dengan temuan dua warga Kabupaten Jayapura positif Covid-19, ia mengimbau masyarakat agar lebih disiplin untuk berada di rumah dan memberlakukan physical distancing.

“Selalu berada di rumah, bekerja, belajar dan beribadah dirumah, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, lalu hindari menyentuh wajah jika tangan belum dicuci,” pungkasnya.

Diketahui, saat ini jumlah ODP Kabupaten Jayapura mencapai 303, sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 10 serta 2 orang positif covid 19.

EDITOR : ERWIN

Komentar

News Feed