oleh

Tolikara: Pemkab Sosialisasi Pencegahan Corona

KARUBAGA (PTIMES)- Merespon wabah virus Corona yang melanda dunia dan Indonesia, Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Karubaga menggelar Sosialisasi Edukasi dan Pencegahan Virus Corona atau Covid-19, Senin (16/3/2020) di aula Kantor Bupati Tolikara di Igari.

Hadir pada sosialisasi tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Tolikara Anton Warkawani,SE, Sekretaris Dinas Kesehatan Yusak Toto Krido dan Direktur RSUD Karubaga dr. Delwien Ester Jacop melibatkan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tokoh masyarakat.

Pemateri dr.Since Rumere dari RSUD Karubaga dalam paparannya menekankan beberapa langkah cepat,dan tepat serta yang paling efektif untuk Covid-19 diantaranya mencuci tangah dengan mengunakan antiseptik dan sabun. Kemudian menggunkan masker bagi mereka yang beresiko dan bekerja melayani banyak orang.

“Menjaga daya tahan tubuh dengan menjaga makanan bergizi dan minum obat vitamin sesuai resep dokter. Apabila ada rencana keluar daerah sebaiknya ditunda berpergian jauh. Hindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan virus corona seperti kelelawar,dan hewan mamalia dan reptil lainnya,”jelas Rumere dihadapan peserta sosialisasi.

Sementara itu, Direktur RSUD Karubaga dr.Delwien Ester Jacop mengajak semua elemen masyarakat di Tolikara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan guna mencegah virus yang belum ada penangkalnya itu.

“Kami belum menemukan suspect atau orang yang terindikasi virus Corona di Tolikara tetapi upaya pencegaan perluh kita antisipasi lebih awal,agar supaya virus ini tidak masuk di daerah Tolikara. Upaya pencegaan saat ini kami awali dengan mengelar sosialisasi kepada masyarakat,”ujarnya.

Lebih rinci, Delwien menjelaskan bahwa gejala Virus Corona di tubuh manusia sama seperti gejala penyakit seperti flu,influensa,batuk,radang,dan juga demam. Oleh karenanya, pemantauan secara rutin harus dilakukan petugas kesehatan terhadap setiap pasien yang datang berobat di RSUD Karubaga.

“Sejak adanya informasi Virus Corona di Wuhan Cina sudah dilakukan pemantuan oleh petugas kesehatan,”kata Delwien.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Tolikara Anton Warkawani,SE mengajak seluruh ASN dan pimpinan OPD untuk membantu pemerintah mensosialisasikan pencegahan virus Corona ke berbagai lapisan masyarakat.
“Sehingga upaya-upaya pencegahan terhadap penyebaran virus ini dapat dilakukan sedinin mungkin. Semua ASN dan pimpinan OPD diharapkan tidak bepergian keluar daerah apabila agendanya tidak mendesak,”pinta Sekda.

Editor: LEPIANUS KOGOYA/YESAYA M

Komentar