Orientasi Anggota DPRD Untuk Mantapkan Kompetensi Legislator

JAYAPURA (PTIMES) – Sebagai unsur Pemerintah Daerah, Dewan PerwakiIan Rakyat Daerah memiliki tugas dan fungsi yang sangat strategis berkaitan dengan bidang Iegilasi, budgeting anggaran dan pengawasan.

Oleh karenanya, kegiatan orientasi terhadap para legislator dipandang penting untuk pemantapan kompetensi anggota dewan pada level yang memadai. Sehingga mampu melaksanakan tugas secara optimal dalam merumuskan serta mengimplementasikan berbagai kebijakan daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Papua, Aryoko Rumaropen, usai membuka orientasi bagi 20 Anggota DPRD Kabupaten Supiori periode 2019-2024, Rabu (26/2/2020), di salah satu hotel berbintang, di Jayapura.

Menurut dia, tugas menjadi anggota DPRD merupakan panggilan mulia yang memiliki dengan tanggung jawab yang tak ringan.

Disadari pula anggota DPRD yang terpilih, sebagian besar merupakan anggota baru dan berasal dari berbagai latar belakang.

Dilain pihak, banyak partai politik yang tak sempat melakukan proses kaderisasi serta membekali calegnya tentang politik, tugas maupun fungsi DPRD.

“Oleh karenanya, ada kebijakan nasional mensyaratkan semua Anggota DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota sebelum melaksanakan tugasnya wajib mengikuti Orientasi”.

“Sebab tujuan orientasi ini untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian Anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI,” ujar ia.

Ditempat yang sama, usai membuka orientasi Anggota DPRD Supiori, Aryoko Rumaropen membuka kegiatan orientasi bagi Anggota DPRD Mamberamo Tengah.

Sementara satu pekan lalu, Kepala Badan Pengembangan SDM papua Aryoko Rumaropen membuka orientasi bagi 30 orang Anggota DPRD Puncak Jaya periode 2019-2024.

EDITOR : ERWIN