PON XX: Papua dan Jabar Sepakat Berjaya untuk Nusantara

JAYAPURA- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua dan Jawa Barat (Jabar) sepakat menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan dihelat di Bumi Cenderawasih Oktober 2020 mendatang.

Kesepakatan itu mengemuka saat pertemuan antara KONI Papua dan Jabar yang berlangsung, Senin (3/01/2020) di Kantor KONI Papua, Kompleks Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih, APO, Jayapura. KONI Papua dan Jabar siap meraih prestasi terbaik di even 4 tahun itu. “Papua bersama Jawa Barat Berjaya untuk nusantara,” ungkap Ketua Umum KONI Jabar, Brigadir Jenderal TNI Ahmad Sefudin, SE. MM. AIFO didampingi Wakil Ketua II Ir. Verdia Yosep,SE saat menyerahkan souvenir yang diterima Sekretaris Umum (Sekum) KONI Papua, Kenius Kogoya,SP.M.Si.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.
Pengurus KONI Papua dan Jabar foto Bersama di depan kantor KONI Papua.

Ketua Umum KONI Jawa Barat, Brigadir Jenderal TNI Ahmad Sefudin, SE.MM.AIFO mengemukakan kehadirannya bersama pengurus KONI Jabar ke Papua untuk mempererat kerjasama antara kedua KONI dalam meningkatakan prestasi olahraga dan sekaligus membangun silahturahmi dengan semua elemen masyarakat di Papua.
“Warga Jawa Barat ingin merasa Papua sebagai tanahnya sendiri. Kami bukan hanya sekedar datang basa-basi ke Papua,”ujar Ahmad.

Menurutnya, pihaknya mendapat tugas dari Gubernur Jawa Barat untuk melihat langsung kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON serta menjalin komunikasi dengan masyarakat Papua sehingga nantinya di PON kedua kontingen saling memperkenalkan budaya masing-masing daerah.

“Jadi misi kami hadir di PON XX bukan hanya sekedar meraih medali di PON tapi untuk memperkenalkan budaya Jawa Barat di tanah Papua sebagai tuan rumah PON,”tegasnya.

Dikatakannya, dalam kunjungan kali ini ke Papua, pihaknya bersama 26 pengurus KONI Jawa Barat. Selain mengunjungi venue di Jayapura, rombongan juga dijadwalkan berkunjung ke Kabupaten Mimika dan Merauke dan menggelar pertemuan dengan pengurus KONI, pemerintah daerah maupun dengan tokoh-tokoh masyarakat.

Ketua dan Rombongan KONI Jabar didampingi Sekum KONI Papua melihat penyelesaian rehab GOR Cenderawasih yang nantinya menjadi salah satu venue PON XX.

Sementara itu, Sekum KONI Papua, Kenius Kogoya,SP.M.Si mengapresiasi kunjungan kerja pengurus KONI Jabar ke Papua. Kunjungan ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus menandai hubungan kerjasama antara KONI dalam meningkatkan prestasi di PON XX.
“Kamidari KONI Provinsi Papua sangat senang dan bahagia atas kunjungan KONI Jawa Barat ke KONI Papua. Ini suatu kehormatan bagi KONI Papua. Semoga kedepan hubungan ini bisa lebih ditingkatkan lagi,”ungkap Kenius.

Mewakili Ketua Umum KONI Papua, Kenius menyampaikan terima kasih kepada jajaran KONI Jawa Barat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas dukunganya selama ini terhadap provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX Tahun 2020.“Jawa Barat salah satu dari KONI di Indonesia yang mendukung sepenuhnya Papua jadi tuan rumah PON XX tahun 2020,” tandas Kenius didampingi ketua-ketua bidang dan pengurus KONI Papua.

Editor: HANS B/YESAYA M