oleh

Tindaklanjuti LHP Otsus, DPRP Segera Rampungkan Kelengkapan Dewan

JAYAPURA (PTIMES) – DPRP memastikan bakal segera merampungkan alat kelengkapan dewan yang ada di lembaga tersebut, guna menindaklanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Papua atas Efektivitas Penggunaan Dana Otonomi Khusus (Otsus) Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten/Kota.

Alat kelengkapan tersebut seperti komisi-komisi, badan musyawarah, badan anggaran, badan pembentukan peraturan daerah serta badan kehormatan.

“Yang pasti penetapan alat kelengkapan dewan ini masih tertunda. Tapi akan kita selesaikan dalam bulan ini, sebab kita ingin ssegera tindaklanjuti LHP penggunaan dana Otsus ini,” ucap ia.

Menurut dia, DPRP juga bakal fokus menindaklanjuti grand design pembangunan yang sudah dikerjakan beberapa waktu lalu dengan menggunakan dana Otsus.

“Dengan begitu setelah Otsus berakhir, kita bisa tahu hasilnya seperti apa. Sehingga dengan adanya grand design pembangunan yang berasal dari dana otsus ini, siapapun kepala daerahnya program kedepan bakal sinergi,” harap dia.

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Papua menyebut pemanfaatan dana Otonomi Khusus (Otsus) oleh pemerintah daerah dan jajarannya sejak 2001 hingga saat ini, belum benar-benar optimal dan menyentuh kepentingan masyarakat asli Papua (OAP).

Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Papua Paula S. Simatupang katakan Pemprov serta kabupaten dan kota sampai saat ini belum memiliki struktur pengelolaan dana Otsus yang memadai. Tak hanya itu, pengelolaan anggarannya pun belum didukung sumber daya manusia (SDM) dengan kompetensi memadai.

Sekda Papua Hery Dosinaen pada kesempatan itu memastikan bakal segera menindaklanjuti laporan efektivitas pengunaan Otsus dari BPK RI Perwakilan Papua.

EDITOR : ERWIN

Komentar

News Feed